Wabub Bangkalan : Percepatan Penanganan Covid-19 Butuh Kolaborasi semua pihak

Wabub Bangkalan : Percepatan Penanganan Covid-19 Butuh Kolaborasi semua pihak

 Nusantara7.com, Bangkalan – Wakil Bupati (Wabup) Bangkalan Drs Mohni MM menghadiri acara Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Penanganan Covid-19 bersama Gubernur Jawa Timur (Jatim) bertempat di Hotel Singhasari Batu, Jl Ir Soekarno, Nomor 120, Kota Batu, Selasa (08/02/2022). Dalam kesempatan itu Wabup didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Kalaksa BPBD, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) dan Kasatpol PP Bangkalan.

Menurut Wakil Bupati (Wabup) Bangkalan Drs Mohni MM, Pandemi telah banyak menimbulkan dampak dan perubahan. Terlebih lagi  memberikan dampak signifikan dalam semua sektor kehidupan bangsa Indonesia. Mulai dari sektor kesehatan, sektor ekonomi, sektor pendidikan, sektor keagamaan, dan sektor lain terkana imbasnya. 

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menangani pandemi Covid-19. Di sektor kesehatan, pemerintah telah berupaya mempercepat pelaksanaan tracing, testing, dan treatment (3T), memenuhi obat antiviral untuk pengobatan pasien Covid-19, pemenuhan kebutuhan oksigen, percepatan vaksinasi .

Penanganan pandemi Covid-19 ini bukan hanya tugas dari pemerintah saja, butuh kolaborasi dan gotong royong seluruh elemen masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan ini.

“Kita berupaya bagaimana keterlibatan elemen masyarakat betul-betul optimal. Sehingga jangan sampai penanganan pandemi ini hanya ditangani negara saja,” ujarnya disela Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Penanganan Covid-19 bersama Gubernur Jawa Timur (Jatim). 

Dalam acara tersebut Kapolda Jawa Timur menekankan penguatan operasi yustisi prokes, tracing dan testing koordinasi bersama satgas Covid-19, mempersiapkan tempat isolasi terpadu (isoter), optimalisasi percepatan vaksinasi, pemantauan terkait PPLN dan komunikasi dengan media terkait upaya-upaya yang telah dilaksanakan.

Sementara Pangdam V/Brawijaya menyampaikan beberapa pesan, diantaranya kesiapan tempat isoter baik tingkat kabupaten maupun tingkat kecamatan agar dipastikan kesiapan nakes, alkes, obat-obatan serta akomodasi lainnya.

“Pemindahan isoman ke isoter agar dilaksanakan sesegera mungkin untuk menekan penyebaran Covid-19. Serta update data kasus positif baru, sembuh dan meninggal dunia di setiap daerah agar dilaporkan sesuai kenyataan di lapangan,” pesannya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebelum menutup acara berpesan bahwa dengan beriktiar bekerjasama antar semua pihak bisa segera memutus penyebaran Covid-19.

“Diiringi dengan berdoa kepada Allah Tuhan yang maha kuasa semoga setelah kesulitan diberikan kemudahan dan diberikan kesehatan bagi kita semua,” pungkasnya. pemk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *