Nusantara7.com, Bangkalan – Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron kembali turun langsung untuk mengikuti musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) dalam rangka penyusunan RKPD 2023 di Kecamatan Kota Bangkalan Kamis (10/2). Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Bangkalan itu memastikan pemerintah akan merespons usulan yang disampaikan dalam forum tersebut.

Bupati yang biasa disapa Ra Latif itu menyampaikan, ada beberapa usulan dalam forum musrenbang tingkat kecamatan tersebut. Di antaranya, optimalisasi drainase, penanganan genangan atau banjir, perbaikan galadak lanjang, dan revitaliasi puskesmas kecamatan kota. ”Karena puskesmas kota dianggap kurang layak, diminta untuk perbaiki atau dibangun,” ujarnya.

Dari berbagai program yang diusulkan, ada beberapa yang memang dianggap prioritas oleh mantan ketua DPRD Bangkalan itu. Yakni, perbaikan galadak lanjang dan optimalisiasi drainase di wilayah perkotaan. Dengan upaya itu, diharapkan dapat meminimalkan terjadinya genangan saat musim hujan.

”Kita akan menindaklanjuti semua usulan yang disampaikan, namun tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran kita dan skala prioritas,” tegasnya.

Menurut Ra Latif, pemerintah tidak akan pasrah kendati kemampuan fiskal daerah sangat terbatas. Saat ini pemkab terus berupaya berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar kegiatan-kegiatan yang berumber dari APBN dapat direalisasikan di Kota Salak. Terutama, masalah penanganan infrastruktur.

”Kami telah berupaya dengan mengajukan kegiatan kepada kementerian terkait untuk penanganan infrastruktur di Kabupaten Bangkalan,” sambungnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bangkalan Agus Sugianto Zein menambahkan, kehadiran bupati dalam forum musrenbang tingkat kecamatan tidak lain untuk menyerap aspirasi secara langsung dari warga. Bupati juga ingin memastikan pelaksanaan musrenbang di tingkat kecamatan yang digelar selama empat hari berjalan lancar.

”Semua usulan program dari musrenbang tingkat kecamatan itu akan ditindaklanjuti di tingkat kabupaten,” tandasnya. ram