Penjelasan BMKG  Tentang Hujan Es di Surabaya

Penjelasan BMKG Tentang Hujan Es di Surabaya

Nusantara7.com, Surabaya – Hujan es sebesar bongkahan mengguyur Kota Surabaya bagian barat. Fenomena tersebut mendapat tanggapan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas 1 Juanda Sidoarjo.

Dalam unggahan instagram @infobmkgjuanda yang bercentang biru tersebut menjelaskan definisi hujan es dalam ilmu meteorologi disebut juga hail. Hail atau hujan es ini adalah presipitasi yang terdiri dari bola-bola es.

“Hujan es ini disebabkan oleh awan Cumulonimbus (Cb),” kata unggahan ig @infobmkgjuanda, Senin (21/2/2022).

Dalam unggahan tersebut BMKG Juanda juga menjelaskan proses terjadinya hujan es, bahwa puncak awan Cb dapat menghasilkan butiran es ketika downdraft (aliran udara kebawah) dari awan Cb cukup tinggi dan didukung suhu permukaan atau daratan cukup tinggi.

“Maka hujan dari awan Cb jatuh dalam bentuk butiran es,” tulisnya.

BMKG Juanda juga membagikan tips saat hujan es, diantaranya berlindung di tempat yang kokoh, jangan beraktivitas di ruang terbuka dan jangan masukan esnya ke dalam gelas sebagai minuman.

“Karena kita tidak tahu partikel polutan apa saja yang ikut mengkristal. Dan jangan lupa lapor ke akun media sosial resmi @infobmkgjuanda,” tulis akun tersebut. [but]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *