Memperingati Hari Lahir Pancasila, Pelajar Di Ponorogo Mengenakan Pakaian Adat

Memperingati Hari Lahir Pancasila, Pelajar Di Ponorogo Mengenakan Pakaian Adat

 Nusantara7.com,Ponorogo – Para pelajar SMK PGRI 2 Ponorogo punya cara unik memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Mei 2022. Para pelajar ini mengenakan pakaian adat Nusantara saat mengikuti upacara bendera.

“Memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh hari ini, siswa-siswi SMK PGRI 2 Ponorogo menggunakan baju adat yang ada di Nusantara,” kata Kepala SMK PGRI 2 Ponorogo, Syamhudi Arifin, Rabu (1/6/2022).

Upacara bendera yang digelar di halaman sekolah ini cukup membuat antusias para siswa. Mereka jadi paham bahwa ada beragam pakaian adat di Indonesia.

Peringatan itu juga untuk memupuk rasa nasionalisme sejak remaja. Selain itu pihak sekolah berharap kegiatan ini menjadi momentum untuk menanamkan jiwa Bhineka Tunggal Ika.

“Sekolah sengaja menggelar kegiatan ini untuk menunjukkan kebhinekaan yang ada di tanah air ini,” katanya.

Dengan latar belakang banyaknya suku tentu juga membuahkan banyak baju adat. Dengan banyaknya budaya itulah, akhirnya lahir Pancasila sebagai lambang pemersatu bangsa.

“Pancasila yang menyatukan kita. Para siswa diharapkan dapat menyerap nilai-nilai luhur pancasila, yang bisa mempersatukan bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu siswa SMK PGRI 2 Ponorogo, Arya Diwa mengaku melakukan persiapan selama dua hari untuk mengikuti upacara dengan pakaian adat ini. Bahkan ia juga harus menyewa kostum yang Ia kenakan pada upacara hari ini.

“Sangat senang sekali, kita jadi tahu betapa kayanya kebudayaan Indonesia. Salah satunya ya baju-baju adat di Indonesia,” kata siswa kelas 11 ini. (bejtm)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *