Kadin Pamekasan : Kemitraan dengan 4 institusi untuk pemberdayaan ekonomi lokal

Kadin Pamekasan : Kemitraan dengan 4 institusi untuk pemberdayaan ekonomi lokal

Nusantara7.com, Pamekasan – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pamekasan, Jawa Timur mendorong kemajuan dan pemberdayaan ekonomi lokal di wilayah itu melalui kemitraan dengan sejumlah institusi.

“Ada empat lembaga atau institusi yang kami jadikan mitra dalam melaksanakan program kerja Kadin Pamekasan ke depan yang muaranya adalah untuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi Pamekasan,” kata Ketua Kadin Pamekasan Harisandi Savari di Pamekasan, Sabtu.

Keempat lembaga itu, Kantor Bea Cukai Madura, Bank Jatim, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), serta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan.

Kemitraan dengan empat lembaga ini, dituangkan dalam nota kesepahaman/memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani pada acara pembukaan rapat kerja Kadin di aula Hotel Cahaya Berlian Pamekasan, Sabtu pagi.

Kerja sama dalam bentuk komitmen nota kesepahaman dengan Bea Cukai Madura pada upaya pembinaan dan pengawalan ekspor hasil usaha pelaku usaha binaan Kadin Pamekasan.

Kerja sama dengan Bank Jatim pada bidang pembiayaan dan kredit usaha rakyat (KUR) bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), sedangkan dengan Disperindag Pemkab Pamekasan pada pendataan potensi usaha dan kerja sama dalam pembinaan manajemen usaha.

“Teman-teman insan pers kita libatkan, karena media memiliki akses luas dalam menyebarkan informasi kepada publik, sekaligus ikut mendorong iklim usaha lebih dan optimis melalui pemberitaan di media massa,” katanya.

Kerja sama yang telah tertuang dalam nota kesepahaman antara Kadin Pamekasan, Bank Jatim, Bea Cukai Madura dan PWI Pamekasan diharapkan bisa menjadi titik tumpu pada upaya pemberdayaan dan peningkatan ekonomi lokal Pamekasan.

Kerja sama ini juga dalam rangka memperkuat pola kemitraan dalam dunia usaha sekaligus turunan dari program yang telah dilakukan oleh Kadin di tingkat pusat dan provinsi.

Raker Kadin Pamekasan dibuka oleh Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Pamekasan Sri Puji Astutik dan dihadiri perwakilan pengurus Kadin Jawa Timur yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Pamekasan Suhartono .

“Kami optimis, dengan pola kemitraan terintegratif seperti ini geliat ekonomi lokal ke depan akan lebih baik,” kata Sri Puji Astutik seusai acara itu. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *