Dinas Perikanan Sosialisasikan Gemar Makan Ikan Agar Sehat

Dinas Perikanan Sosialisasikan Gemar Makan Ikan Agar Sehat

Nusantara7.com, Bangkalan – Dinas  Perikanan Kabupaten Bangkalan menggelar sosialisasi gemar makan ikan di Kelurahan Pejagan, Kecamatan Kota Bangkalan. Sosialisasi yang dihadiri ketua Forikan Kabupaten Bangkalan Ibu Zainab Zuraida Latif itu berisi materi praktek mengkonsumsi bandeng tanpa duri. Pesertanya adalah ibu-ibu. Sosialisasi tersebut juga dihadiri oleh Lurah Pejagan, dan Narasumber yang berasal dari Penyuluh Perikanan.

Kepala Dinas Perikanan Muhammad Zaini berharap agar setiap keluarga bisa mengkonsumsi ikan, karena omeganya lebih tinggi ketimbang daging dan telur.

“Harganya murah, ketika menjadi bandeng tanpa duri, maka harganya lebih mahal, dua kali lipat, secara ekonomis keluarga mempunyai pendapatan tambahan,” ujarnya.

Menurutnya, Ikan adalah salah satu makanan yang kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega 3. Selain itu, kandungan lemak jenuhnya juga rendah, sehingga baik dikonsumsi bagi seseorang yang sedang dalam diet. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral di dalamnya terbilang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan.

Ikan juga dapat menjadi pilihan asupan yang baik bagi ibu hamil karena dapat membantu perkembangan janin dan membuat kehamilan yang sehat. Tidak sedikit ahli medis yang menyarankan agar lebih banyak konsumsi ikan karena manfaat yang diterima oleh tubuh.

Salah satu manfaat dari makan ikan secara rutin adalah sebagai makanan yang baik untuk diet. Ikan mempunyai kandungan yang kaya akan protein yang berkualitas tinggi dan rendah lemak. Dengan begitu, sangat baik untuk dikonsumsi saat sedang dalam proses menurunkan berat tubuh. Kandungan kalsium, fosfor, dan mineral lainnya sangat baik untuk tubuh saat dikonsumsi secara rutin.

Salah satu kandungan pada ikan yang sangat memberi manfaat adalah asam lemak omega-3. Nutrisi tersebut terbilang penting karena dapat menjaga kesehatan jantung dan otak. Jenis asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan adalah EPA dan DHA. Tubuh tidak menghasilkan asam lemak omega-3, sehingga hanya didapatkan melalui makanan. Beberapa makanan yang mengandung nutrisi tersebut dan rendah lemak adalah salmon, sarden, mackerel, tuna, dan tiram.

“Dengan mengetahui semua manfaat yang dapat dirasakan setelah makan ikan secara rutin, diharapkan kamu dapat mengubah kebiasaan konsumsi makanmu. Sehingga, kamu dapat menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari bukan hanya penyakit fisik tapi juga mental. Akhirnya, produktivitas dari aktivitasmu tetap terjaga setiap hari,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *