Bupati Bangkalan Ra Latif  Hari Lahir Pancasila” Momen Untuk Meningkatkan Jiwa Serta Rasa Patriotisme Dan Nasionalisme”

Bupati Bangkalan Ra Latif Hari Lahir Pancasila” Momen Untuk Meningkatkan Jiwa Serta Rasa Patriotisme Dan Nasionalisme”

Nusantara7.com, Bangkalan – Bupati  Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual di Pendopo Agung Bangkalan, Rabu (1/6/2022).

Pada upacara tersebut, Bupati didampingi Wakil Bupati (Wabup) Bangkalan Drs Mohni MM serta anggota Forkompinda. Tampak Bupati dan Wabup menggunakan pakaian adat khas Bangkalan. Mereka terlihat khidmat mengikuti upacara hingga selesai.

Bupati menyampaikan, pakaian adat yang digunakan dalam Upacara Hari Lahir Pancasila tersebut sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sebagai implementasi dari keberagaman suku dan Bangsa Indonesia.

“Para Gubernur, para Bupati dan kepala daerah yang mengikuti upacara secara virtual diminta untuk menggunakan pakaian adat. Saya kira cocok dengan tema Hari Kelahiran Pancasila,” kata Ra Latif .

Menurut Ra Latif , Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan momen kebangkitan bagi rakyat Indonesia untuk meningkatkan jiwa serta rasa patriotisme dan nasionalisme. Hari kesaktian Pancasila memiliki makna yang luhur untuk meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme serta mengembalikan dasar negara, yakni Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945

Sementara itu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam pidatonya mengajak semua anak bangsa untuk membumikan Pancasila sebagai dasar negara, serta mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila telah menjadi bintang penuntun ketika Bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian, dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa kita tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita sepakat untuk berlandaskan Pancasila,” ungkapnya.

Menurut dia, pakaian adat dalam setiap kegiatan kenegaraan akan menggugah kembali rasa persatuan dan kesatuan, serta kebhinekaan antar Bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *