Bupati Abdul Latif : Peran Masyarakat sedini mungkin bisa Cegah Konflik Sosial dan Terorisme

Bupati Abdul Latif : Peran Masyarakat sedini mungkin bisa Cegah Konflik Sosial dan Terorisme

Nusantara7.com, Bangkalan – Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Bangkalan menggelar acara rapat koordinasi (rakor) antara jajaran Forkopimda, Minggu (20/2/2022) malam. Acara yang diinisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) itu dalam rangka pencegahan konflik sosial dan terorisme di Kabupaten Bangkalan.

Bupati Abdul Laltif mengungkapkan , Konflik sosial jangan dibiarkan berlarut-larut. Pendekatan dialogis, mediasi, rekonsiliasi, maupun dengan kearifan lokal bisa mampu mencegah sekaligus menyelesaikan konflik sosial dan terorisme. Kalau tidak bisa menjadi bahaya laten yang mengganggu kondusivitas daerah.

Rakor tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Tulip Holand Resort, Kota Batu. Secara langsung acara tersebut dihadiri Oleh Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron, Wakil Bupati (Wabup) Bangkalan Drs Mohni, serta segenap jajaran Forkopimda Bangkalan.

Dijelaskan Ra Latif, sampai saat ini kondusifitas di Kabupaten Bangkalan masih terus terjaga. Namun menurut Ra Latif langkah antisipasi terhadap berbagai permasalahan yang bisa saja muncul harus terus dilakukan.

“Alhamdulillah sampai saat Bangkalan masih kondusif. Mudah-mudahan ini tetap terjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Ditambahkanya,  peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan. Sedini mungkin, gejala akan konflik sosial dan terorisme sudah harus dapat diketahui dan segera diselesaikan. Pihak-pihak yang terlibat harus diikutkan, tidak ketinggalan pemerintahan, TNI dan Polri.

Oleh karena itu kata Ra Latif faktor kewaspadaan harus tetap dikedepankan. Melalui kegiatan rapat koordinasi tersebut ia berharap dapat tercipta kesepahaman dan keterpaduan berbagai komponen.

“Baik gejolak sosial yang memiliki potensi menjadi konflik dan berbagai paham radikal yang mengarah pada tindakan terorisme, baik sekarang maupun dimasa-masa yang akan datang,” pungkas Ra Latif. pemk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *