Besok, rapat pleno Pilgub Jatim digelar

Besok, rapat pleno Pilgub Jatim digelar

Bintang Pos, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) akan menggelar rapat pleno Pilgub Jatim. Rapat tersebut akan digelar di Hotel Shangrilla, Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya. Sebelumnya, akan digelar proses rekapitulasi pada pukul 09.00 WIB.

KPU menyatakan hanya membutuhkan waktu tiga Jam untuk melakukan rekapitulasi hasil Pilgub Jatim. Persiapannya, KPU Jatim telah melakukan simulasi perhitungan.

“Butuh sekira 3 Jam-an untuk rekapitulasi manual. Saat ini persiapannya adalah simulasi di kesekretariatan KPU Jatim. Sebab, ada beberapa petugas di KPU Jatim yang masih baru,” kata Divisi Teknis Pelaksanaan Pemilu KPU Jatim, Agus Mahfudz Fauzi, Jumat (6/9/2013).

Ia menjelaskan, secara teknis proses rekapitulasi ini adalah KPU Kabupaten/Kota membacakan hasil Pemilukada Jatim di Formulir DC1 beserta lampirannya. Nanti tim sekretariat akan menulis apa yang dibacakan oleh Ketua KPU Kabupaten/Kota dan disalin ke Formulir DP1 berserta lampirannya.

“Lima Komisioner KPU Jatim yang akan memimpin. Sementara untuk teknisnya sejumlah petugas kesekretariatan seperti menulis di Plano besar,” ujarnya.

Kata Agus, saat rekapitulasi itu, KPU Jatim menyebar 600 undangan. Selain empat pasangan calon, sejumlah Tim Sukses, partai politik juga turut diundang. Kemudian dari unsur Forum Pimpinan Daerah (Forpinda), OKP, Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Undangannya sudah kita sebar kemarin. Sekira ada 600 undangan. Termasuk empat pasangan calon,” jelasnya.

Sementara, lanjut Agus, kotak suara hasil Pilgub Jatim saat ini masih berada di Kantor KPU Jatim. Rencananya akan dibawa ke lokasi besok pagi dengan pengawalan pihak kepolisian.(sin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *