Nawaz Sharif Resmi Pimpin Pemerintahan Pakistan

Nawaz Sharif Resmi Pimpin Pemerintahan Pakistan

Bintang Pos, Islamabad – Parlemen Pakistan secara resmi memilih Nawaz Sharif sebagai perdana menteri. Hal ini menandakan kembalinya Sharif ke dalam tampuk kekuasaan Pakistan.

Sharif mendapatkan 244 suara dari 342 anggota Parlemen Pakistan. Pria yang digulingkan oleh militer itu kini berhasil meraih priode ketiganya sebagai kepala pemerintahan Pakistan. Partai Liga Muslim Pakistan (N) yang dipimpin Sharif juga memenangkan pemilu 11 Mei lalu. Demikian, seperti diberitakan Associated Press, Rabu (5/6/2013).

Sebagai PM baru, Sharif akan menghadapi segunung permasalahan termasuk di antaranya adalah serangan militan dan krisis energi. Pria berusia 63 tahun itu juga harus berurusan dengan operasi pesawat tak berawak Amerika Serikat (AS) yang dianggap mengganggu kedaulatan Pakistan.

Beberapa partai kecil di Pakistan sudah menyuarakan dukungannya pada Sharif. Salah seorang pejabat senior di parlemen, Ahsan Iqbal, juga tidak keberatan dengan kembalinya Sharif di kursi PM.

Seperti diketahui, pria yang kerap dijuluki Singa Punjab itu sempat mengasingkan diri setelah dikudeta pada 1999. Sharif tinggal di Arab Saudi, dan akhirnya pulang ke kampung halaman untuk berperan selayaknya politisi oposisi pada saat pemerintahan Partai Rakyat Pakistan berkuasa.

Sejauh ini, Sharif dan tim penasehatnya tetap yakin akan kemampuannya memecahkan masalah di Pakistan. Rasa percaya diri Sharif semakin meningkat karena dirinya terpilih dalam pemilu.(okz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *