Lestarikan Pantai Desa Lajing Bupati Abdul Latif dan Pangdam V Brawijaya Menanam Mangrove

Lestarikan Pantai Desa Lajing Bupati Abdul Latif dan Pangdam V Brawijaya Menanam Mangrove

Nusantara7.com, Bangkalan – Bupati  Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron mendampingi Mayor Jenderal TNI Nurchahyanto Pangdam V Brawijaya menanam pohon mangrove di pantai Desa Lajing, Kecamatan Arosbaya, Jumat (04/03/2022). Pada kesempatan itu, Ra Latif mengatakan, Pemkab selalu mendukung setiap kegiatan positif yang dilakukan oleh TNI. 

“Harapan kami kondisi ekosistem hutan magrove di Kabupaten Bangkalan mengalami perbaikan. Karena mangrove termasuk salah satu ekosistem yang  memiliki peran dan fungsi  sangat penting bagi kehidupan masyarakat daerah pesisir pantai,” kata Ra Latif . 

Dijelaskan Ra Latif , salah satu mangrove berperan dalam rantai makanan, yakni daun mangrove yang jatuh dan masuk ke air akan terurai oleh mikoorganisme. Hasilnya akan menjadi makanan bagi larva dan hewan kecil. Lalu berlanjut ke sistem rantai makanan di laut. Sehingga dengan kata lain hutan mangrove memberikan manfaat untuk membuat rantai makanan di ekosistem laut dan sekitarnya.

 Menurutnya, pemkab bersama TNI akan terus memperhatikan ekosistem mangrove yang berada di sepanjang pesisir Kabupaten Bangkalan. 

“Harus kita jaga, jangan karena kepentingan sesaat kita merusak ekosistem yang sudah kita tanam. Sehingga bumi, alam dan lingkungan tetap terawat dan terjaga kelestariannya sebab dampak yang ditimbulkan dari kerusakan suatu ekosistem nyata adanya,” tambahnya. 

Sementara itu, Pandam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Nurchahyanto mengatakan, tujuan diadakan penanaman mangrove adalah untuk mencegah abrasi air laut yang masuk kedaratan. Selain itu mangrove juga berguna untuk mencegah pengikisan permukaan tanah akibat hempasan ombak laut.

“Ini sebagai upaya nyata dan komitmen Kodam V Brawijaya untuk penyelamatan bumi saat ini agar tidak mengalami kerusakan karena pemanasan global. Saya berharap acara yang kita lakukan hari ini dapat diikuti segenap kawanan bangsa yang ada di daerah-daerah lainnya,” kata Pangdam.

Hal ini kata Pangdam semata-mata dilandasi tanggung jawab moral akan kelestarian alam dan lingkungan. Semoga kedepannya akan menjadi lebih baik dari hari kehari.

“Lebih jauh diharapkan gerakan ini mengkondisikan sikap dan perilaku yang melekat kuat pada diri kita yang tumbuh dari kesadaran yang tinggi akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup,” tutupnya. pemk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *