Bupati Abdul Latif Menjaga Komitmen Mewujudkan Bangkalan Sejahtera

Bupati Abdul Latif Menjaga Komitmen Mewujudkan Bangkalan Sejahtera

Nusantara7.com, Bangkalan  – Bupati R. Abdul Latif Amin Imron kembali memberikan arahan di musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023. Kali ini giliran Kecamatan Galis. Mantan wakil ketua DPRD Bangkalan itu juga menyerap langsung aspirasi peserta musrenbang.

Bupati muda yang biasa disapa Ra Latif itu menilai, musrenbang penyusunan RKPD 2023 sangat interaktif. Banyak usulan yang disampaikan secara langsung oleh tokoh masyarakat untuk dijadikan program di tahun anggaran 2023. ”Contohnya, masalah infrastruktur jalan kabupaten, gedung sekolah, potensi desa, dan masalah pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes),” katanya.

Semua aspirasi yang disampaikan dalam musrenbang itu akan ditindaklanjuti oleh pemerintah. Sehingga dapat direaliasikan pada tahun anggaran 2023. Namun, tetap disesuaikan dengan kemampuan Pemkab Bangkalan. ”Sebisa mungkin kami mengupayakan aspirasi yang disampaikan terealisasi di 2023,” tegasnya.

Ada beberapa program prioritas Pemkab Bangkalan di 2023. Di antaranya, pengentasan kemiskinan ekstrem, pemulihan ekonomi, peningkatan layanan infrastruktur, dan pengembangan wilayah yang berwawasan lingkungan. Lalu, penguatan sumber daya manusia di sektor pendidikan, kesehatan, dan optimalisasi pelayanan publik. ”Semuanya berorientasi pada cita-cita mewujudkan Bangkalan Sejahtera,” imbuhnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bangkalan Agus Sugianto Zein menambahkan, musrenbang merupakan ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi secara langsung kepada pemerintah. Dengan demikian, kebutuhannya dapat diakomodasi di tahun anggaran berikutnya.

”Tetapi, yang namanya program tetap mengedepankan skala prioritas dan disesuaikan dengan fiskal daerah. Pemerintah ingin memenuhi semua kebutuhan daerah, tetapi harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang ada,” jelasnya. ram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *