Kader IPNU Probolinggo Tekuni Budidaya Jamur

Kader IPNU Probolinggo Tekuni Budidaya Jamur

Nusantara7,Probolinggo-Seorang kader IPNU Kabupaten Probolinggo terus berwirausaha dengan mengembangkan budidaya jamur. Ia adalah Indra Wahyudi asal Desa Jorongan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo.

Wahyudi merintis budidaya jamur ini sejak tahun 2020 tepatnya di masa pandemi. Ia mengaku di masa pandemi kebanyakan kegiatan vakum, akhirnya ia berinisiasi untuk mengembangkan bisnis budidaya jamur. Dirinya menceritakan awal mula tertarik membudidayakan jamur sejak di bangku SMA.

“Saya mulai tertarik budidaya jamur semenjak di SMA. Waktu itu termotivasi dari salah satu teman yang sukses dalam budidaya jamur tiram ini. Selain itu, budidaya jamur tidak butuh banyak waktu untuk perawatannya dan juga tidak mahal, modalnya hanya dengan Rp 500 ribu,” katanya, Kamis (16/06/2022).

Hebatnya, setiap pagi Wahyudi memasarkan jamur tiramnya ke Pasar Leces.  “Sejak jam 02.00 dini hari saya kadang sudah keluar dari rumah menuju pasar untuk berjualan jamur hasil budidaya sendiri,” ujarnya.

Dari bisnis yang dijalankan selama dua tahun ini, kini Wahyudi telah memiliki kumbung jamur yang besar.

“Harapannya untuk bulan depan ini saya mampu membuat kumbung lagi karena sudah tidak muat,” ungkap Wakil Sekretaris PAC IPNU Kecamatan Leces ini.

Dirinya berpesan kepada kader IPNU IPPNU untuk mengasah bakat sejak dini agar mengetahui potensi yang dimiliki.

“Mulai dari sekarang asahlah bakat atau potensi yang kita miliki. Karena kita tidak tahu, potensi yang akan kita miliki nanti akan menjadi profesi,” pungkasnya .(NUJ)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *