Jokowi Effect Gagal, PDIP Harus Instropeksi

Jokowi Effect Gagal, PDIP Harus Instropeksi

Bintang Pos, Jakarta – Joko Widodo alias Jokowi kembali gagal mengantarkan calon kandidat kader PDI Perjuangan dalam ajang Pilkada, saat ini TB Suwendi Dedi Gumelar alias Miing kalah di pilwalkot Tangerang.

Orang nomor satu di Ibukota Jakarta itu bukan baru kali ini saja jadi pamong juru kampanye ketika digelar Pilkada didaerah lain.

Tapi, sudah yang sekian kali mantan Walikota Surakarta itu mendampingi setiap calon kandidat yang diusung PDIP.

Mulai dari Pilkada Jawa Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Bali, termasuk Tangerang ini, Jokowi tidak berhasil mendongkrak kemenangan. Hanya, kemenangan diperoleh Ganjar Pranowo di Pilgub Jawa Tengah yang merupakan basis massa PDIP.

Pengamat politik Siti Zuhro mengatakan seharusnya PDI Perjuangan belajar dari ilmu-ilmu yang telah terjadi sebelum-sebelumnya.

“Mestinya kan pengalaman di sejumlah daerah mulai dari Jabar, Sumut, Bali, Jatim, Tangerang cukup membuktikan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan kehadiran Jokowi di pilkada daerah,” katanya kepada INILAH.COM, Minggu (1/9/2013).

Dikatakan oleh Zuhro, seharusnya PDIP tidak perlu lagi mengandalkan Jokowi sebagai juru kampanye kandidat. Apalagi, dengan tidak berfungsinya Jokowi effect. “Seharusnya seperti itu, karena PDIP punya banyak kader,” tukas dia.(brj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *