Inilah 4 Calon Bupati Madiun

Inilah 4 Calon Bupati Madiun

Bintang Pos, Madiun – Empat pasangan dipastikan akan meramaikan perebutan jabatan Bupati dan Wakil Bupati Madiun. Empat pasangan tersebut dinyatakan memenuhi syarat (MS) oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat.
Keempat pasangan bakal calon tersebut adalah incumbent Muhtarom-Iswanto (MuIs) yang diusung PKB dan Demokrat; pasangan Widi Priyanto-Suntoro (WiRo) dari jalur perseorangan; Sukiman-Soeprapto (SuPra) dari PDIP dan Partai Golkar; serta pasangan Sumardi-Dimyati Dahlan dari PDK, Patriot, dan PKNU.

“Berdasarkan rapat pleno yang sudah kita lakukan tadi bersama seluruh komisioner KPU, keempat pasangan tersebut sudah memenuhi syarat (MS),” ujar KEtua KPUD Kabupaten Madiun, Anwar Soleh Azarkoni, Senin (27/5/2013).

Anwar mengatakan, pihaknya akan segera mengirimkan salinan berita acara penetapan tersebut ke masing-masing pasangan calon. Setelah itu, empat pasangan calon peserta Pilkada Kabupaten Madiun tersebut, dijadwalkan mengikuti pengundian nomor urut pada tanggal 30 Mei nanti.

Pihaknya tidak menampik jika sebelumnya sempat terjadi tekanan dari berbagai pihak tentang keabzahan ijazah dan rekomendasi partai pengusung pada sejumlah calon. Namun setelah dilakukan verifikasi faktual berupa pengecekan ijazah hingga parpol pengusung ke pihak terkait, semuanya dapat memenuhi syarat.

Seperti diketahui, KPU Kabupaten Madiun sebelumnya memutuskan menunda pilkada setempat dari jadwal semula 25 Mei 2013 karena hanya ada satu bakal pasangan calon yang memenuhi syarat menjelang batas terakhir verifikasi faktual persyaratan, yakni pasangan petahanan.

Jumlah pasangan yang mendaftar pada Pilkada Madiun kali ini lebih banyak jika dibandingkan dengan pasangan yang mendaftar pada Pilkada Kabupaten Madiun 2008. Dimana pada pilkada sebelumnya ada tiga pasangan calon yang mendaftar. (brj)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *