JMF Lumajang Dibanjiri Pencari Kerja

JMF Lumajang Dibanjiri Pencari Kerja

Bintang Pos, Lumajang – Job Market Fair (JMF) atau Bursa Pasar Kerja yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lumajang di Gedung Soedjono dibanjir ribuan pencari kerja, Selasa (27/8/2013). JMF kali ini diikuti 41 perusahaan lokal dan luar kabupaten Lumajang dengan menyediakan 5.158 lowongan kerja.

Pengamatan beritajatim.com, sebelum JMF dibuka oleh Bupati dan Wabup Lumajang, para pencari kerja sudah menjubeli halaman Soedjono dan mendaftar ke panitia. Bahkan, beberapa pekerja nyaris adu dorong dan berhasil ditertibkan oleh petugas Satpol PP.

Bupati Lumajang, Sjahrazad Masdar mengatakan, adanya JMF sebagai bentuk pelayanan pemerintah untuk para pencari kerja. Selain itu, untuk mengurangi angka pengangguran di Lumajang yang mencapai 14 ribu orang. “Jadi gunakan JMF ini sebaik-baiknya, sehingga angkatan kerja baru terserap di perusahaan sesuai dengan keahliannya,” terangnya.

Hal senada disampaikan Wabup, As’at Malik Menurutnya, JMF akan terus diadakan setiap tahun, karena lulusan SMA dan SMK setahunnya mencapai 6 ribu. JMF kali ini diharapkan tidak disia-siakan, sehingga semua bisa terisi. “Kami ucapkan terima kasih pada perusahaan yang sudah ikut serta di JMF kali ini, semoga dari tahun ke tahun tetap ikut,” ungkapnya.

Sejumlah pencari kerja mengaku sangat senang adanya JMF yang digelar pemkab, namun berharap diadakan setahun dua kali. “Ya kami inginnya ada 6 bulan sekali,” ujar Urifah, pencari kerja asal Kunir.(brj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *