Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen, Wali Kota Sutiaji pimpin langsung

Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen, Wali Kota Sutiaji pimpin langsung

Nusantara7.com, Malang – Wali Kota Malang, Sutiaji, memimpin langsung Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen (GASS) di aliran sungai. Sutiaji juga melakukan penanaman pohon, di Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Minggu, (14/11/2021).

“Hujan frekuensinya akhir-akhir ini sulit ditebak, sering hujan lebat sekali disertai dengan angin kencang dan volumennya semakin banyak. Nah, ini perlu kewaspadaan dari kita semua. Kita diingatkan betapa pentingnya kita saat ini cinta pada lingkungan,” kata Sutiaji.

Sutiaji menganggap kegiatan ini bertujuan mengingatkan kembali pentingnya penghijauan di tengah kota dalam rangka menekan pemanasan global dan cuaca yang tidak menentu. Serta mengurangi volume debit air di kala hujan dengan mengangkut sedimen dan sampah pada sungai dan saluran air.

Usai melakukan penanaman pohon, bahu membahu bersama seluruh elemen yang terlibat, Sutiaji terjun langsung membersihkan tumpukan sampah dan sedimen di sejumlah titik aliran sungai.

“Alhamdulilah ini tadi semua elemen turun dan menjaga. Karena salah satu diantara penyebab luapan air itu adalah karena sampah dan yang kedua karena sedimen. Ketiga memang ada pendangkalan tadi, keempat ada penyempitan sungai,” papar Sutiaji.

Sutiaji mengatakan, Pemkot Malang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) beserta Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman  (DPUPRPKP) selalu berupaya melakukan pengangkutan sampah dan sedimen secara rutin setiap harinya.

“GASS ini sudah dilakukan oleh PU dan DLH setiap hari keliling. Saya pantau setiap hari tidak kurang dari satu truk tapi seakan-akan tidak pernah habis. Diangkat, nambah lagi (sampah dan sedimen),” tutur Sutiaji.

Sutiaji berharap masyarakat semakin sadar untuk membuang sampah pada tempatnya. Menurutnya kesadaran ini harus terus ditingkatkan. Sehingag GASS yang dia lakukan berhasil seiring kesadaran masyarakat yang tidak lagi membuang sampah atau buangan material bangunan secara sembarangan.

Dalam kegiatan ini Sutiaji turut menyerahkan 857 batang bibit pohon kepada kader lingkungan dari 11 kelurahan di Kecamatan Klojen untuk dilakukan penghijauan. Bibit pohon tersebut merupakan sumbangan dari DLH Kota Malang serta CSR dari sejumlah perusahaan di Kota Malang.

“Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada seluruhnya. Seluruh komunitas dari kalangan akademisi, masyarakat serta komunitas-komunitas lain yang gayung bersambut bahu membahu bagaimana permasalah-permasalahan dapat terselesaikan dengan baik,” tandasnya. [brj]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *