Daftar Jenis Kejahatan yang Marak Jelang Lebaran

Daftar Jenis Kejahatan yang Marak Jelang Lebaran

Bintang Pos, Jakarta – Kepolisian Daerah Metro Jaya memprediksi akan ada peningkatan aksi kriminalitas jelang perayaan Idul Fitri pada awal Agustus 2013. Fenomena peningkatan jumlah dan jenis kejahatan itu juga terjadi jelang Lebaran tahun-tahun sebelum.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, Rabu 31 Juli 2013 mengatakan bahwa modus kejahatan yang sering ditemukan jelang Lebaran adalah Gendam, Hipnotis serta penipuan.

Modus-modus itu, katanya, memang terjadi pada hari biasa,” Namun  menjelang lebaran akan terjadi kenaikan. Mengantisipasi hal tersebut polisi rutin mengimbau agar masyarakat terhindar dari aksi kejahatan.”

Antisipasi lain yang juga dilakukan polisi adalah  dengan membentuk Satgas anti rumah ksong, Satgas preman hingga Operasi Cipta Kondisi selama Ramadan. Ini dimaksudkan agar memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Polda Metro Jaya ini berbeda dengan Polda lainnya. Karena saat lebaran Jakarta malah ditinggalkan penghuninya mudik ke daerah. Jadi kami fokus pada menjaga rumah kosong dan pusat perbelanjaan,” katanya.

Polda Metro Jaya juga mewaspadai kejahatan ATM dan Nasabah Bank pada hari-hari jelang lebaran. Pasalnya, dari pengalaman tahun sebelumnya ada peningkatan dari jenis kejahatan ini.

“Kami sudah berpatroli dan sudah menyambangi tempat-tempat tersebut. Tapi secara keseluruhan kami bekerja sama dengan polres serta Polsek,” jelasnya.(brj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *