Dubes Baru AS Tukar Pengalaman Tangani Korupsi ke KPK

Dubes Baru AS Tukar Pengalaman Tangani Korupsi ke KPK

Jakarta – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O. Blake Jr, mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jumat 11 April 2014. Maksud kedatangan Robert adalah untuk memperkenalkan diri selaku Duta Besar Amerika Serikat yang baru saja diangkat.
“Ini baru kunjungan pertama saya ke KPK ya. Jadi ini baru kunjungan perkenalan saja, kunjungan ramah tamah saja. Saya ingin belajar lebih banyak tentang apa yang sudah mereka lakukan,” kata Robert.
Dia mengaku senang dalam kunjungannya tersebut bisa bertemu sejumlah pimpinan KPK, seperti Ketua KPK, Abraham Samad, Wakil Ketua KPK, Zulkarnaen, Juru Bicara KPK, Johan Budi serta sejumlah deputi dari pihak KPK.
Dalam pertemuan tersebut, Robert mengaku kedua belah pihak bertukar pengalaman dan bertukar ide mengenai penanganan masalah korupsi di kedua negara.
“Karena di Amerika Serikat juga sedang menghadapi masalah korupsi. Dan, menurut saya, penting bagi kami untuk bertukar pikiran tentang bagaimana memberantas korupsi,” ujarnya.
Sementara, Juru Bicara KPK, Johan Budi menjelaskan, kunjungan dari Robert tersebut merupakan sebuah diskusi awal dan perkenalan dengan pihak KPK.
“Tadi, Dubes (Robert) didampingi oleh FBI. Dia bertemu ketua, para deputi dan jubir. Hanya perkenalan dengan KPK dan diskusi awal saja,” jelasnya.
Untuk diketahui, Robert O. Blake Jr menjabat sebagai Duta Besar Definitif per bulan Januari 2014. Dia menggantikan Scot Marciel yang habis masa tugasnya per Juli 2013. Sebelumnya, Robert tercatat pernah menjadi Duta Besar untuk Sri Lanka merangkap Maladewa pada periode 2006-2009. Selain itu, Robert juga pernah menjabat sebagai Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Untuk urusan Asia Selatan dan Tengah pada periode 2009-2013. vns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *