Cegah KTP Palsu, Puskesmas Bakal Pasang Scanner

Cegah KTP Palsu, Puskesmas Bakal Pasang Scanner

Bintang Pos, Surabaya – Upaya untuk memperbaiki program Kartu Jakarta Sehat (KJS) dari sisi administrasi terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kepala Dinas Kesehatan Dien Emmawati menyebutkan akan membekali petugas Puskesmas sebuah alat pemindai. “Tujuannya untuk mencegah penggunaan KTP palsu,” ucap Dien, Rabu 10 April 2013

Pemberian scanner, kata Dien, merupakan salah satu bentuk langkah pengawasan program KJS mengingat ada temuan KTP palsu. Bila ternyata di lapangan ditemukan pasien yang menggunakan KTP palsu, pihaknya tidak segan-segan memidanakan. “Ini bentuk antisipasi yang kami lakukan,” ucap Dien. Sementar untuk penerapannya, Dien belum bisa memastikan.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Purba Hutapea membenarkan soal rencana pemasangan alat scanner di tingkat Puskesmas. Ia menyatakan pelaksanaannya akan diserahkan sepenuhnya ke Dinas Kesehatan. “Alatnya kecil dan relatif murah. Tak beda seperti alat yang digunakan untuk membedakan uang palsu,” kata dia.

Purba menjelaskan, sinar ultraviolet yang ada dalam scanner akan mampu mendeteksi blanko pada KTP asli. Dalam blanko tersebut akan terlihat gambar Garuda dan kepulauan. Hal sebaliknya akan terdeteksi pada KTP palsu. “Jadi intinya untuk membedakan ada atau tidaknya blanko pada KTP.”

Tak hanya sampai disitu, Purba juga meminta kepada para lurah untuk mengawasi lebih dalam terkait dengan permohonan pengajuan KTP baru. “Kalau ada temuan KTP palsu pihak kelurahan harus segera merespon,” kata Purba.

Seperti diberitakan, Pemprov DKI Jakarta menemukan indikasi penggunaan KTP palsu dalam program Kartu Jakarta Sehat. Modusnya warga menggunakan resi sebagai tanda bahwa pasien sedang mengurus KTP.(tem-gug)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *