Bupati Bangkalan Ra Latif bantu Ambulans Bang Sakera Dukung Program PSC

Bupati Bangkalan Ra Latif bantu Ambulans Bang Sakera Dukung Program PSC

Nusantara7.com, Bangkalan – Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron menyerahkan satu unit ambulans ke dinas kesehatan (dinkes) kemarin (30/11). Ambulans yang diserahkan di Pendapa Agung itu memiliki spesifikasi yang sesuai standar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Pria yang akarab disapa Ra Latif itu menyampaikan, pengadaan satu unit ambulans yang diserahkan ke Dinkes Bangkalan itu senilai Rp 728 juta dan bersumber dari dana alaokasi khusus (DAK). ”Ini ambulans peralatannya paling lengkap. Ambulans ini dapat dimanfaatkan masyarakat Bangkalan,” ucapnya.

 

Ambulans itu akan standby di public safety center (PSC) di Dinkes Bangkalan. Ambulans yang diberi nama Bangkalan Sistem Aplikasi Kesehatan Gawat Darurat (Bang Sakera) itu siap melayani masyarakat 24 jam. ”Kami siapkan call center, jadi masyarakat bisa tahu prosedur menghubungi ambulans ini,” imbuhnya.

Mantan wakil ketua DPRD Bangkalan itu berharap ambulans Bang Sakera dapat menunjang pelayanan kesehatan di Kota Salak. Sehingga, masyarakat dapat terlayani dengan baik dan memuaskan. ”Saat ini baru satu unit ambulans yang kami serahkan. Mungkin tahun depan bisa lima unit,” imbuhnya.

Kepala Dinkes Bangkalan Sudiyo menyampaikan, untuk pengoperasian ambulans Bang Sakera, institusinya menyediakan petugas jaga yang siap melayani masyarakat 24 jam. Terdiri dari satu driver, dua perawat, dan satu dokter konsultan. ”PSC ini terkoneksi dengan aplikasi yang ada di fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan),” ulasnya.

Menurut pria yang biasa disapa Yoyok itu, ambulana yang diserahkan oleh orang nomor satu di lingkungan Pemkab Bangakalan itu diharapkan dapat menunjang pelayanan kesehatan. Apalagi, jumlah ambulans di Bangkalan masih kurang. ”Sangat membantu untuk pelayanan,” tandasnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bangkalan Agus Zein menuturkan, call center 119 adalah kanal layanan kesehatan yang disediakan pemerintah untuk masyarakat. ”Ambulans ini sangat dibutuhkan untuk merespons laporan masyarakat. Ini merupakan kemajuan di bidang pelayanan kesehatan,” pungkasnya. pem-ram 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *