Bupati Abdul Latif Tingkatkan Layanan Kesehatan Lansia

Bupati Abdul Latif Tingkatkan Layanan Kesehatan Lansia

Nusantara7.com, Bangkalan – Peningkatan status kesehatan lansia menjadi salah satu program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan. Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab yakni dengan menciptakan suasana yang mendukung terjadinya perubahan dan perilaku lansia untuk tetap sehat dan produktif.

Hal itu diungkapkan Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron saat membuka acara Gerakan Obat Keluarga Mengatasi Penyakit Kronis (Gerobak Manis) lansia dan Pengobatan Massal di Kecamatan Sepuluh, Rabu (16/02/2022). 

Menurut  Ra Latif, Pemkab harus meningkatkan pengetahuan lansia dengan mempromosikan kesehatan dalam setiap siklus kehidupan. Selain itu pengenalan dan Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA) dalam pencegahan dan pengobatan penyakit kronis seperti penyakit diabetes Melitus/Kencing Manis dan Hipertensi harus digalakkan.

“Meningkatkan akses pelayanan kesehatan dengan menyediakan layanan yang ramah lansia dan terbentuknya Posyandu Lansia di setiap desa. Menggerakkan dan memberdayakan pra lansia untuk hidup sehat, ciptakan lingkungan ramah lansia yang mendorong kesehatan lansia dan partisipasi aktif lansia,” kata Ra Latif.

Mudah-mudahan upaya konkret tersebut kata Bupati, dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan lanjut usia. Secara terpola, terkoordinatif, terpadu serta berkelanjutan pihaknya mendukung Kabupaten Bangkalan menjadi kabupaten yang ramah dan cinta terhadap lanjut usia.

“Tidak lupa saya berpesan mari tetap patuhi dan terapkan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun. Karena diri kita, setiap individu dan seluruhnya, adalah garda terdepan dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19. Tetap kenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan hindari kerumunan,” imbuhnya. pemk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *