BBM Naik, Bulog Siap Salurkan Raskin Hingga 16 Kali

BBM Naik, Bulog Siap Salurkan Raskin Hingga 16 Kali

Bintang Pos, Surabaya – Kepala Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Jawa Timur (Jatim) Rusdianto menyatakan siap menyalurkan beras untuk rakyat miskin (Raskin) sampai 16 kali jika memang ditugaskan pemerintah sebagai kompensasi dari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Kalau ditanya siap, ya kami sangat siap. Karena saat ini stok beras Bulog Jatim yang ada di gudang mencapai sekitar 760.000 ton dan itu cukup untuk kebutuhan raskin selama 17 bulan ke depan. Per bulan, penyaluran raskin di Jatim sekitar 43.000 ton,” ujar Rusdianto di Surabaya, seperti dilansirkabarbisnis.com

Besarnya stok yang dimiliki tersebut karena sejauh ini pengadaan tidak ada kendala, sehingga volume penyerapan beras petani oleh Bulog tahun ini cukup bagus. Per tanggal 3 Mei 2013, realisasi penyerapan sudah mencapai 400.000 ton setara beras dari target sebesar 1,1 juta ton sepanjang 2013.

“Sampai akhir Mei, kami optimistis pengadaan akan mencapai 575.000 ton, sehingga akhir Desember nanti target 1,1 juta ton setara beras saya yakin akan tercapai,” tegas Rusdianto.

Selain bisa menyalurkan raskin hingga ke-16, Bulog Jatim juga yakin bisa melakukan pengiriman beras untuk membantu pengadaan provinsi lain, seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

“Kebutuhan raskin Jatim tiap bulan kan sekitar 43.000 ton. Melihat kondisi stok saat ini, saya kita Bulog Jatim bisa tetap berbagi,” pungkasnya. (kbj-kba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *