Alasan Pemuda Lebih Pilih Jokowi untuk Jadi Capres

Alasan Pemuda Lebih Pilih Jokowi untuk Jadi Capres

 JAKARTA – Para pemilih muda lebih memilih Joko Widodo (Jokowi) sebagai capres. Pemilih muda menilai politisi PDI Perjuangan itu dekat dengan rakyat dan sederhana sebagai pemimpin.

Penilaian itu berdasar pada hasil survei yang dilakukan Indo Barometer pada 1.200 responden yang usianya 17-30 tahun. Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, mengatakan, dari faktor kedekatan dengan rakyat, Jokowi mengungguli tokoh nasional lainnya. “Paling banyak ke Jokowi,” kata dia di Jakarta, Rabu (11/12).

Sebanyak 77,6 persen pemilih muda menyebut Jokowi dekat dan perhatian dengan rakyat. Jokowi mengungguli Aburizal Bakrie alias Ical yang mendapat 9,2 persen. Kemudian secara beruntun Megawati Sukarnoputri (5,1 persen), Prabowo Subianto (3,6 persen), dan Wiranto (2 persen). Qodari mengatakan, survei ini dilakukan dengan sistem pertanyaan terbuka.

Para pemilih muda menilai Jokowi unggul dalam beberapa kriteria lainnya. Jokowi dinilai sebagai pemimpin sederhana (86,7 persen), memiliki kinerja yang bagus (61,1 persen), dan berjiwa sosial serta baik (43,3 persen). Namun secara pengalaman, Jokowi masih kalah dari tokoh nasional lainnya.

Indo Barometer juga meminta respondennya untuk menentukan pilihan jika pemilihan capres dilakukan saat ini. Dari pertanyaan itu, Jokowi juga menduduki peringkat teratas dengan jumlah 25,8 persen. Jokowi menungguli Prabowo (10,7 persen), Ical (9,2 persen), dan Megawati (6,9 persen).rep

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *