5 Manfaat Bekam Bagi Kesehatan, Keluarkan Racun Tubuh

5 Manfaat Bekam Bagi Kesehatan, Keluarkan Racun Tubuh

Madura9, Kesehatan – Di Indonesia, kita mengenal banyak pengobatan alternatif, salah satu yang cukup fenomenal adalah bekam. Terapi bekam awalnya merupakan praktik pengobatan di Tiongkok dan Timur Tengah. Manfaat bekam dipercaya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Popularitas bekam kembali naik daun, setelah beberapa artis internasional seperti Victoria Beckham, Jennifer Anniston, dan Kim Kardashian mengunggahnya di media sosial ketika sedang melakukan terapi bekam. Lantas apa, sih, manfaat bekam bagi kesehatan tubuh kita, sampai-sampai seleb luar negeri dibekam.

Detoksifikasi racun dalam tubuh

Tanpa disadari, darah juga menjadi tempat berkumpulnya racun, angin, serta kolesterol dalam tubuh. Hal-hal tersebut dibawa oleh makanan, minuman, udara, atau paparan lingkungan lainnya. Nah, manfaat bekam dipercaya dapat menarik kel luar darah kotor tersebut. Karena, bekam membuat aliran darah terfokus, sehingga racun dapat ikut keluar.

Melancarkan pernapasan

Seseorang yang mengalami pilek, bronkitis, atau bahkan asma diyakini dapat sembuh dengan melakukan bekam. Proses ini terjadi karena bekam dapat memperlancar sirkulasi darah, yang membawa oksigen dan getah bening ke paru-paru serta otot pernapasan lainnya.

Melancarkan peredaran darah

Manfaat bekam lainnya adalah melancarkan peredaran darahTerapi bekam terbukti memberikan pengaruh positif pada peredaran darah. Melalui penyedotan darah kotor, aliran darah akan mengalami peningkatan, sehingga pembuluh darah jadi lebih kuat. Hal ini membuat darah yang tersumbar jadi lebih lancar.

Mengurangi stress

Ketika cangkir bekam digeser, sistem saraf parasimpatis dalam tubuh juga akan terlibat. Hal ini mendorong relaksasi dalam tubuh, sehingga membuat badan terasa lebih ringan dan nyaman. Dengan begitu stres serta kecemasan akan berangsur hilang.

Selain mengurangi stres, bekam juga dapat mengatasi saraf-saraf yang kaku, sehingga terapi ini cocok untuk mengurangi kelelahan.

Menyembuhkan migrain berat

Buat yang punya masalah sakit kepala, terapi bekam patut dicoba. Manfaat terapi bekam ini bisa kita dapat dengan bekam di beberapa titik, seperti leher dan kepala. Selain itu, beberapa keluahan lain, seperti sakit gigi, migrain, batuk, dan nyeri punggung, juga bisa diredakan melalui dengan terapi bekam.

Efek Samping Terapi Bekam

Meski punya segudang manfaat, bekam juga punya efek samping, lhoAda beberapa kemungkinan hal yang akan terjadi selama atau setelah proses bekam, antara lain:

  • Infeksi kulit.
  • Kulit melepuh atau menimbulkan luka bakar.
  • Bengkak di kulit.
  • Memar.
  • Rasa tidak nyaman di area kulit bekas bekam.

Mengingat risiko tersebut, sebaiknya jika Mama Papa tertarik melakukan bekam, pilih tempat terapi yang profesional, ya. Jika perlu pastikan terapis yang dipilih telah memiliki lisensi dan berpengalaman di dunia pengobatan tradisional ini.. dbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *