Relawan PMI Bersihkan Rumah Korban Banjir Bandang di Jember

Relawan PMI Bersihkan Rumah Korban Banjir Bandang di Jember

Nusantara7.com, Jember– Palang Merah Indonesia menurunkan sejumlah relawan untuk membantu warga di Perumahan Bumi Mangli Permai, Kabupaten Jember, Jawa Timur, membersihkan rumah dari kotoran akibat banjir bandang.
“Relawan siaga bencana PMI Kabupaten Jember memang selalu siaga. Begitu ada laporan adanya banjir di Perumahan Mangli, relawan langsung meluncur ke lokasi,” kata Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki.

Mereka sudah turun sejak banjir yang terjadi kemarin. Banjir terjadi sekitar pukul tiga sore saat hujan mengguyur deras. Air dari Sungai Semangir meluap membawa material lumpur langsung menyambar sejumlah rumah. Ketinggian air mencapai hingga 1,5 meter.

Tak hanya masuk ke rumah warga. Air sungai menghanyutkan barang-barang warga termasuk sepeda motor. Ada pula bagian bangunan yang jebol.

Sebagian warga ada yang menyelamatkan diri ke lantai rumah bagian atas yang belum jadi. Alhasil setelah banjir reda, mereka tak bisa turun dan harus dievakuasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jember.

Sejumlah relawan PMI bersama relawan bencana lain dan warga setempat memberikan bantuan kepada warga, termasuk evakuasi beberapa orang yang sempat naik atap rumah setelah rumahnya diterjang banjir. Arus air memang sangat deras sehingga bahkan sebuah mobil yang diparkir pun terseret. [Bejatm]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *