Rawan Pencopetan, Polda Gelar Razia Preman

Rawan Pencopetan, Polda Gelar Razia Preman

Bintang Pos, Surabaya – Petugas unit Premanisme Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim menggelar razia di terminal Purabaya Bungurasih, terminal Joyoboyo, dan Stasiun Wonokromo. Hasilnya, 62 orang tanpa identitas digelandang ke Polda Jatim, Jumat (26/7/2013).

Razia yang digelar petugas di beberapa titik rawan tersebut sasaran utamanya adalah preman. Satu persatu warga yang mangkal di sana diperiksa. Dan yang tidak membawa identitas langsung diamankan oleh petugas.

62 warga tanpa identitas itu sebagian besar adalah pengamen, pemulung, pengasong, dan sebagainya. Tak hanya pria, beberapa perempuan juga ikut digelandang polisi karena tidak membawa identitas sama sekali.

“Mereka ini dibawa ke kantor kemudian dilakukan pendataan. Setelah itu, mereka dilepas lagi setelah didata,” ujar seorang anggota yang ikut dalam razia ini.

Bersih-bersih terhadap preman di terminal dan staiun ini sengaja digelar polisi untuk melakukan cipta kondisi jelang lebaran Idul Fitri.

Sejak awal puasa, razia semacam ini juga sudah berulang kali digelar Polda Jatim. Dan rencananya, razia serupa bakal rutin digelar untuk mengantisipasi kerawanan yang terjadi di daerah-daerah tersebut. (ali)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *