Program RTLH Tahun Ini, Ra Latif Bupati Bangkalan Akan Sasar 50 Rumah

Program RTLH Tahun Ini, Ra Latif Bupati Bangkalan Akan Sasar 50 Rumah

Nusantara7.com, Bangkalan – REALISASI program perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) kian berlanjut. Salah satu program yang menjadi prioritas Bupati Bangkalan tersebut, diperkirakan akan menyasar 50 rumah dengan penyediaan anggaran sebesar Rp1 miliar. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Bangkalan Ishak Sudibyo. 

Menurutnya, tahun 2022 anggaran program RTLH memang tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Dari dana sebesar Rp1 miliar, masing-masing rumah akan memperoleh dana rehab sebesar Rp20 juta. Sedangkan untuk calon penerima, akan menyesuaikan dengan data yang sudah ada di Dinas Sosial (Dinsos). 

“Nantinya juga akan disesuaikan dengan hasil kunjungan Bupati ke lapangan dan pendataan dari instansi kami. Karena kami juga memiliki beberapa data hasil kajian di beberapa rumah yang cukup layak menerima program. Tapi tidak menutup kemungkinan, kami akan mengambil dari data Dinsos dan kunjungan Bupati,” ujarnya. 

Yoyok menjelaskan, untuk kriteria penerima tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Yakni, rumah yang masih berlantai tanah, dinding terbuat dari anyaman bambu dan beberapa kriteria lainnya. 

“Ya minimal lantainya masih lantai tanah dan dindingnya bukan tembok, itu akan kami perbaiki,” jelasnya. (Bangkl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *