Produk UMKM Jember hasilkan transaksi puluhan juta rupiah pada Lelang perdana

Produk UMKM Jember hasilkan transaksi puluhan juta rupiah pada Lelang perdana

Nusantara7.com, Jember – Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur menggandeng pihak swasta menggelar lelang perdana produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) unggulan kabupaten setempat dengan nilai transaksi mencapai puluhan juta rupiah.

Lelang perdana produk UMKM itu dibuka oleh Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kasih Fajarini yang dihadiri sejumlah pejabat dan pengusaha di Taman Edukasi Wisata Botani di Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, Minggu.

“Lelang produk UMKM itu sebagai langkah konkret gerakan membeli produk lokal untuk perekonomian Jember yang lebih baik,” kata Bupati Jember Hendy Siswanto usai membuka kegiatan lelang perdana produk UMKM di kabupaten setempat.

Untuk mencintai produk lokal, lanjutnya, memang perlu sedikit sentuhan seperti itu bahwa produk Jember tidak kalah dan penjualannya tidak boleh biasa-biasa saja.

“Masyarakat tidak perlu jauh-jauh membeli kopi dan kakao ke luar daerah Jember karena di sini merupakan produk terbaik di Indonesia, sehingga dengan lelang seperti itu bisa membangkitkan gairah untuk cinta produk lokal,” katanya.

Ia berpesan kepada pelaku UMKM, agar mereka terus memperbaiki kualitas produknya dengan mutu yang lebih bagus dan Pemkab Jember siap mendukungnya melalui Dinas Koperasi dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Ayo terus dipacu produk UMKM kita dengan harga lebih murah dan kualitas bagus. Kami dari Pemkab Jember melalui Dinas Koperasi siap membantu,” katanya.

Lelang perdana produk UMKM tersebut menembus transaksi sebesar Rp46 juta, padahal harga dasar barang yang dilelang sekitar Rp23 juta dengan jumlah 22 produk yang diikuti 67 peserta.

Sementara Direktur PT Solusindo Sinergi Lelang, Nurul Ikhsan mengatakan tujuan lelang itu adalah gerakan membeli produk lokal terutama produk UMKM dan untuk pemulihan ekonomi nasional.

“Alhamdulillah lelang perdana produk UMKM di Jember termasuk sukses karena dari harga limit barang terjual dua kali lipatnya. Ke depan akan dilakukan secara daring dan luring,” katanya.(atr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *