Polres Trenggalek gencarkan vaksinasi COVID-19 “door to door”

Polres Trenggalek gencarkan vaksinasi COVID-19 “door to door”

Nusantara7.com, Trenggalek – Aparat Kepolisian Resort Trenggalek, Jawa Timur, Senin mulai menggelar kegiatan sosial vaksinasi COVID-19 secara jemput bola atau door to door dengan mendatangi warga dari rumah ke rumah menggunakan Bus Vaksinasi Presisi yang barusan mereka luncurkan.

Dilengkapi perangkat medis dan sumber daya kesehatan yang memadai, bus vaksinasi melakukan kunjungan ke pelosok-pelosok desa demi memberikan imunisasi bagi warga yang belum terjangkau dalam program sejenis sebelumnya.

“Akselerasi vaksinasi ini bertujuan agar kekebalan komunal terbentuk merata ke semua lapisan masyarakat,” kata Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera di Trenggalek, Senin.

Disebutkan, saat ini capaian vaksinasi di Trenggalek baru sekitar 53 persen. Masih perlu upaya keras dan sungguh-sungguh dengan melibatkan semua pihak agar imunisasi atau vaksinasi COVID-19 menjangkau semua warga.

Untuk itulah, lanjut Dwiasi, pihaknya berinisiatif mengoperasikan bus vaksinasi presisi ke semua pelosok desa dan kecamatan di Trenggalek.

Selain bus presisi Polres Trenggalek, Dwiasi mengatakan bahwa pihaknya juga mengoperasikan tiga kendaraan tambahan untuk digunakan sebagai media sosialisasi maupun kampanye vaksinasi hingga penerapan protokol kesehatan.

“Total ada empat kendaraan yang dioperasionalkan mendukung akselerasi vaksinasi ini,” ujarnya.

Dwiasi mengatakan institusinya meluncurkan bus vaksinasi presisi dengan memodifikasi kendaraan bus untuk digunakan kegiatan vaksinasi. Artinya bisa ditambah menyesuaikan dengan kondisi di lapangan,” pungkasnya.

Inovasi layanan Polres Trenggalek dalam akselerasi vaksinasi itu mendapat respons positif berbagai pihak. Salah satunya adalah Yoga, penerima vaksin di Kelurahan Ngantru.

“Menurut saya, vaksinasi secara door to door lebih efektif karena bisa langsung tepat sasaran,” katanya.

Pelayanan vaksinasi juga relatif cepat dan petugasnya juga ramah. Matur nuwun Polres Trenggalek,” ujarnya. ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *