PLN Hadirkan Listrik Tanpa Kedip dalam Upacara Pembukaan PON XX Papua

PLN Hadirkan Listrik Tanpa Kedip dalam Upacara Pembukaan PON XX Papua

Nusantara7.com,JAYAPURA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu (2/10). Sejumlah rangkaian acara menarik turut memeriahkan pembukaan pesta olahraga empat tahunan ini.

Dalam sambutannya, Jokowi mengaku bangga dapat membuka PON pertama di Tanah Papua. PON XX Papua menjadi panggung persatuan, kebersamaan, persaudaraan, kesetaraan, dan keadilan untuk maju dan sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Suksesnya upacara pembukaan PON XX Papua tak lepas dari kontribusi dan kesigapan PT PLN (Persero) dalam menyediakan listrik yang andal.
Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini mengapresiasi seluruh pihak terkait kelancaran acara tersebut.

“Alhamdulillah pasokan listrik untuk upacara pembukaan PON XX Papua terbukti andal. Kesuksesan gelaran ini menjadi bukti kesetaraan dalam kemajuan seperti yang disampaikan oleh Presiden Jokowi. Keandalan listrik PLN tak hanya ada di Pulau Jawa atau Sumatera, tapi juga di Papua,” ujar Zulkifli.

Untuk memastikan keandalan listrik, PLN telah meningkatkan kompetensi para petugas PLN terutama di 230 titik strategis yang tersebar di empat klaster. Yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Timika, dan Merauke.

Zulkifli mengungkapkan pihaknya berkomitmen untuk terus menghadirkan keandalan listrik tidak hanya selama PON berlangsung tetapi juga seterusnya bagi seluruh masyarakat di Papua, dan seluruh Indonesia pada umumnya.

Sementara itu Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua & Nusa Tenggara PLN, Syamsul Huda menjelaskan, kecukupan daya di empat klaster PON XX Papua sejak awal dipersiapkan dengan keamanan serta keandalan yang baik.

Dalam mendukung upacara pembukaan, PLN pun menyiapkan sistem Zero Down Time Area atau layanan listrik tanpa kedip di area khusus yang sebelumnya sukses diterapkan di Asian Games 2018.

Di sisi lain, cadangan suplai listrik untuk acara yang dihadiri oleh 10.000 penonton ini berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Waena melalui Gardu Induk (GI) Sentani.

“Semangat kami mengupayakan titik yang kritikal tidak boleh kedip. Terutama untuk acara pembukaan dan titik pertandingan lain yang jumlahnya 45,” pungkas Huda. (rdr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *