Pemkab Bangkalan Berikan Pentingya Pemahaman Keselamatan Lalu Lintas Ke Pelajar

Pemkab Bangkalan Berikan Pentingya Pemahaman Keselamatan Lalu Lintas Ke Pelajar

Nusantara7.com, Bangkalan – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bangkalan melaksanakan road show ke sekolah-sekolah. Hal ini dilakukan dalam rangka sosialisasi tertib lalu lintas kepada pelajar. Lokasi yang dipilih adalah UPTD SMPN 7 Bangkalan, Selasa (31/5/2022). 

Kepala Dishub Bangkalan melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Keselamatan, Agung Firmansyah mengatakan, tujuan sosialisasi kepada para pelajar untuk memberikan pemahaman tentang pengetahuan Prasarana Keselamatan lalu lintas dan etika berlalu lintas.

Dijelaskanya, Pendidikan diharapkan mampu membentuk pribadi cerdas dan bertanggungjawab, salah satunya ketika berlalu lintas jalan.

Pendidikan keamanan di jalan raya (road safety education) memainkan peranan penting dalam membentuk sikap dan perilaku anak dan remaja. Dengan pemahaman tersebut dapat mendorong mereka menjadi pengguna jalan yang bertanggung jawab. “Mencetak pribadi seperti itu akan semakin maksimal saat diterapkan sejak pelajar ,” ujarnya

Perilaku menjadi kata kunci memangkas tingkat kecelakaan lalu lintas. Sekitar 30% pemicu kecelakaan adalah perilaku tidak tertib. Faktor tersebut merupakan kedua terbesar setelah berkendara dalam kondisi lengah. Tiap hari Indonesia kehilangan sekitar 70 jiwa akibat kecelakaan lalu lintas di Jalan.

Dengan kegiatan ini, pihaknya berharap dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di kalangan pelajar.

“Kegiatan ini Bertahap untuk sekolah-sekolah di Kabupaten Bangkalan, kita datangi satu persatu nanti,” imbuhnya.

Upaya penanggulangan kedepan diarahkan pada kegiatan komprehensif yang menyangkut pembinaan, pencegahan, pengaturan dan penegakan hukum. Upaya pembinaan dilakukan melalui peningkatan intensitas pendidikan berlalu lintas serta pembinaan SDM sejak dini. pemk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *