Mengatasi Batuk Pilek pada Anak

Mengatasi Batuk Pilek pada Anak

Di cuaca yang sedang tak menentu seperti sekarang ini, batuk pilek paling sering menyerang si kecil. Yang perlu orangtua ketahui, batuk dan pilek ternyata bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala penyakit (biasanya influenza).
Tips di bawah ini bisa dicoba untuk menyamankan si buah hati yang sedang terserang batuk pilek.

– Berikan anak kesempatan beristirahat dan minta ia minum lebih banyak dari biasanya. Ini berguna untuk mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan.

– Rajin-rajinlah membasuh tangan si kecil, terutama bila ia habis memegang hidungnya. Ini juga berlaku bagi orangtua/pengasuhnya, terutama bila tangannya bersentuhan dengan benda-benda yang dipegang si kecil.

– Berikan makanan bergizi dan perbanyak buah, terutama buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu biji, dan mangga. Asupan ini akan meningkatakan daya tahan tubuh anak sehingga tubuh mampu menyembuhkan diri sendiri. Ingatlah bahwa influenza yang disebabkan virus, sebenarnya hanya akan dapat sembuh dengan kekuatan daya tahan penderita.

– Hindari pemberian makanan yang merangsang, seperti goreng-gorengan, atau makanan/minuman yang terlalu dingin, seperti es krim. Berikanlah makanan hangat yang tinggi kalori dan proteinnya, serta mudah dicerna, misalnya sup ayam atau daging.

– Untuk meredakan gejala batuk pileknya, berikan obat batuk pilek anak pada si kecil sesuai gejala yang ada. Pastikan obat yang dipilih diformulasikan khusus untuk anak dan mempunyai kandungan zat aktif untuk mengobati gejala batuk pilek.

– Ingatlah bahwa influenza mudah sekali menular pada orang lain. Karenanya, untuk sementara hindari anak berkontak terlalu erat dengan adik atau kakaknya.kms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *