Cara Alami Mengatasi Sariawan Tanpa Obat

Cara Alami Mengatasi Sariawan Tanpa Obat

Nusantara7.com, Jakarta – Gara-gara sariawan, pengalaman menyantap makanan jadi tidak menyenangkan. Tidak hanya soal makan, kadang sariawan juga mengganggu berbicara dan tertawa.
Selain menggunakan obat, terdapat sejumlah cara lain untuk mengatasi sariawan. Anda bisa menjadikan cara ini sebagai alternatif pertolongan pertama pada sariawan.

Berikut cara mengatasi sariawan tanpa obat:

1. Kumur air garam
Cara alami mengatasi sariawan salah satunya adalah dengan kumur air garam. (Foto: iStockphoto/chaofann)
Garam akan membantu membasmi bakteri yang bisa memperparah kondisi sariawan. Berkumur air garam juga akan membantu sariawan cepat kering.

Mengutip dari Healthline, cukup larutkan 1 sendok makan garam dalam setengah cangkir air hangat. Gunakan untuk berkumur setidaknya selama 15-30 detik, lalu buang. Sebaiknya ulangi tiap beberapa jam sekali.

2. Baking soda
Baking soda akan mengembalikan keseimbangan pH dan mengurangi inflamasi sehingga mempercepat penyembuhan sariawan. Anda perlu melarutkan 1 sendok makan baking soda dalam setengah cangkir air. Gunakan untuk berkumur selama 15-30 detik lalu buang.

Selain dilarutkan sebagai obat kumur, baking soda juga bisa dibuat seperti pasta. Campur dengan sedikit air hingga mengental, lalu aplikasikan pada area sariawan.

3. Madu
Melansir dari Very Well Health, beberapa studi menemukan madu bisa digunakan sebagai media pengobatan buat sariawan. Sangat disarankan menggunakan madu mentah atau madu alami hutan yang belum mengalami proses apapun.

Madu cukup dioleskan pada sariawan beberapa kali dalam sehari. Madu akan membantu mengurangi rasa sakit, kemerahan juga ukuran sariawan.

4. Kompres kantong teh kamomil
Konsumsi teh kamomil bisa membantu menyembuhkan sariawan. Chamomile, khususnya German chamomile, mengandung komponen antiinflamasi dan antiseptik sehingga membantu penyembuhan sariawan.

Nikmati teh chamomile dengan madu untuk memperoleh manfaat optimal. Setelah diseduh, sebaiknya kantong teh tidak langsung dibuang. Gunakan kantong teh untuk mengompres sariawan.

5. Minyak kelapa
Seperti madu, minyak kelapa juga memiliki kemampuan antimikroba. Ini bisa membantu mengatasi sariawan yang disebabkan infeksi bakteri dan mencegahnya menyebar atau makin besar. Dengan minyak ini pula, inflamasi bisa berkurang sehingga menurunkan rasa sakit dan kemerahan.

Anda cukup mengoleskan minyak kelapa pada sariawan dan diulang beberapa kali hingga sariawan pulih.

6. Kumur cuka apel
Cuka apel pun bisa membantu mengatasi sariawan. Penggunaannya harus dilarutkan dengan air dengan perbandingan 1 sendok makan cuka apel dan 1 cangkir air (236 ml). Gunakan larutan untuk berkumur selama 30 detik sampai 1 menit. Setelah berkumur, bilas mulut dengan air biasa.

7. Yogurt
Ada kemungkinan sariawan disebabkan bakteri Helicobacter pylori dan radang usus. Studi menunjukkan kultur probiotik seperti Lactobacillus bisa membantu membasmi bakteri ini sekaligus mengatasi beberapa tipe radang usus.

Berdasarkan riset ini, sariawan kemungkinan bisa diatasi dengan mengonsumsi yogurt dengan kandungan kultur probiotik hidup.

Itulah cara alami mengatasi sariawan tanpa obat. Jika sariawan tak kunjung sembuh setelah satu minggu, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. dbs-cnn

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *