Malam-Malam Ra Latif Serahkan Bantuan ke Pedagang

Malam-Malam Ra Latif Serahkan Bantuan ke Pedagang

Madura9, Bangkalan – Tidak mengenal siang dan malam dalam mengabdi kepada masyarakat. Itulah kalimat yang layak disematkan kepada Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron. Di luar jam dinas, pria yang akrab disapa Ra Latif itu mendatangi pedagang kaki lima (PKL) di area Stadion Gelora Bangkalan (SGB) untuk memberikan bantuan sembako pada Jumat malam (23/7).

Ra Latif menyampaikan, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat membuat masyarakat lebih banyak di rumah. Kondisi itu memengaruhi pendapatan para PKL yang menggantungkan hidup dengan berjualan di area SGB. ”Mereka terdampak (PPKM darurat) yang mengakibatkan pendapatannya berkurang,” ucapnya.

Bantuan yang diberikan berupa sembako, vitamin, masker, dan mouth freshener spray. Dari berbagai jenis bantuan yang diberikan, diakui nilainya memang tidak seberapa. Namun, sentuhan itu diharapkan bisa meringankan beban ekonomi para PKL yang terdampak PPKM darurat. ”Mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu walaupun nilainya tidak seberapa,” harap mantan wakil ketua DPRD Bangkalan tersebut.

Selain menyerahkan bantuan, orang nomor satu di lingkungan Pemkab Bangkalan itu juga mengingatkan PKL untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab, PKL termasuk kelompok yang rentan terpapar Covid-19. Hampir setiap saat bersinggungan dengan konsumen. ”Harapan kami, siapa pun yang datang ke SGB harus tetap menerapkan prokes secara disiplin dan ketat. Sehingga, tidak mudah terpapar Covid-19,” sarannya.

Pemberian bantuan kepada masyarakat yang terdampak penerapan PPKM darurat bukan kali ini saja dilakukan bupati. Senin lalu (19/7), Ra Latif menyerahkan bantuan yang sama kepada abang becak. Selanjutnya, pada Kamis (22/7), sopir dan driver ojek online yang diberi bantuan karena dianggap terdampak PPKM darurat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bangkalan Agus Zein mengatakan, kebijakan pengetatan selama PPKM darurat berdampak kepada sejumlah pedagang kelontong, asongan, dan PKL. Karena itu, bupati tidak tinggal diam atas kondisi yang dihadapi warganya. ”Pemerintah telah menyiapkan berbagai skema bantuan. Salah satunya adalah bantuan sembako yang diserahkan langsung oleh Bapak Bupati kepada para pedagang,” imbuhnya.

Selain menyerahkan bantuan secara langsung, Ra Latif juga berkesempatan untuk berdialog dan memberi dukungan kepada para pedagang. ”Harapannya, pedagang tetap semangat menghadapi kehidupan di masa pandemi yang membuat penghasilan mereka menurun” pungkasnya. rama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *