Lebaran, Volume Sampah di Kota Malang Meningkat

Bintang Pos, Malang – Volume sampah di Kota Malang saat lebaran nanti diprediksi meningkat hingga 5 persen dibandingkan hari biasa. 

Peningkatan itu disebabkan lantaran konsumsi masyarakat meningkat saat lebaran.

Untuk itu, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang sudah menyiagakan pasukan kuning guna membersihkan sampah khususnya sampah korang di tempat ibadah pasca digelar shalat Idul Fitri.

“Kenaikan volume sampah setiap lebaran sudah rutin terjadi setiap tahun, jadi pasukan kuning sudah siap melakukan pembersihan,” kata Kepala DKP Kota Malang, Wasto, Selasa (6/8/2013).

Saat ini, jumlah pasukan kuning di Kota Malang sebanyak 600 orang. Pasukan kuning tersebut akan disebar di lima kecamatan di Kota Malang. “Memang jumlahnya masih kurang, sehingga ada beberapa pasukan kuning yang mencover sejumlah wilayah,” tuturnya.

Untuk diketahui, saat ini jumlah volume sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang Kota Malang mencapai 600 ton setiap harinya. Sebanyak 200 ton sampah diantaranya berhasil dipilah dan didaur ulang sebelum masuk ke TPA, sementara sisanya 400 ton masuk ke TPA untuk diambil gas metannya.(brj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *