KPU Jatim Tunjuk Pengacara Fahmi Bachmid Hadapi Gugatan Khofifah

KPU Jatim Tunjuk Pengacara Fahmi Bachmid Hadapi Gugatan Khofifah

Bintang Pos, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim akhirnya resmi menunjuk pengacara Fahmi Bachmid guna Guna menghadapi gugatan hukum dari tim hukum Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya.

“Ketua dan anggota KPU Jatim sepakat menunjuk Fahmi Bachmid untuk menghadapi gugatan kubu Khofifah – Herman, dan Kami akan menyerahkan sepenuhnya tugas gugatan kepada pengacara tersebut,” ujar Ketua KPU Jatim, Andry Dewanto saat di KPU Jatim, Selasa (23/7).

Dikatakannya, bagi tim sukses atau calon pasangan gubernur dan calon wakil gubernur yang tidak puas dengan putusan KPU Jatim dipersilahkan untuk menggugat putusan tersebut. “Pihak KPU Jatim siap menerima gugatan dari pihak cagub dan cawagub yang tidak puas dengan putusan KPU,” ujarnya.

Sementara itu tim Pengacara KPU Jatim, Fahmi Bachmid mengatakan pihaknya sangat senang ditunjuk oleh KPU Jatim untuk menghadapi gugatan khofifah – herman, dimana pada langkah pertama yaitu pengacara Fahmi Bachmid masih akan dibantu oleh tim dari jaksa pengacara negara (JPN) milik kejaksaan Tinggi Jatim.

“Memang kantor kami ditunjuk sebagai kuasa hukum. Kami tidak sendirian, nanti akan dibantu tim JPN dari Kejati Jatim. Intinya, kami siap meladeni timnya Khofifah-Herman,” ujarnya.

Fahmi Bachmid ini merupakan pengacaraTim Pembela Muslim (TPM) dalam kasus eksekusi terpidana teroris Amrozi cs itu ditunjuk KPU Jatim sebagai kuasa hukum, pada Senin (22/7).

Fahmi sendiri juga merupakan pengacara KPU Jatim saat menghadapi gugatan pasangan Khofifah-Mudjiono di Mahkamah Konstitusi (MK) pada Pilkada Jatim 2008. Tidak itu saja, Fahmi sendiri juga bergelut di Jakarta menjadi pengacara artis kenamaan, seperti Ayu Azhari, Nikita Mirzani dan Adi Bing Slamet.

“Sidang gugatan Khofifah di PTUN Surabaya akan dimulai pada 25 Juli. Ada total lima orang yang tergabung dalam kantor hukum, yakni saya sendiri, Imam Asmara Hakim, Zaenal Fandi, Agus Prijono dan Rahmat Santoso,” ujarnya

Sebelumnya, Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja akhirnya mengajukan gugatan atas tidak diloloskannya sebagai Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jatim 2013. Surat gugatan secara resmi didaftarkan oleh Tim kuasa hukumnya ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jatim, Jumat (19/07).

Tim kuasa hukum Khofifah-Herman berjumlah 17 orang. Para pengacara ini ada yang dari Surabaya dan Jakarta. Dalam gugatannya, tim kuasa hukum Khofifah-Herman ini mengajukan permohonan cepat sidang dan penundaan proses Pilgub selanjutnya sampai dengan kejelasan status Khofifah-Herman.(sko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *