Kerak Telor & Toge Goreng Primadona Jakarta Fair

Kerak Telor & Toge Goreng Primadona Jakarta Fair

Bintang Pos, Jakarta – Makanan tradisional Betawi, seperti Kerak Telor, Toge Goreng, dan Lontong Sayur mempunyai daya tarik tinggi bagi para pengunjung Jakarta Fair Kemayoran 2013. Tak heran, selama sepuluh hari pertama penyelenggaraanevent pameran terbesar di Asia Tenggara ini, lapak-lapak kuliner khas Betawi ini ramai diserbu pembeli.

Lihat saja di tempat-tempat para pedagang makanan khas ini membuka lapak. Misalnya di seputar Hall-E, sebelah utara Hall-D, dan hampir setiap sudut Gambir Expo Arena PRJ Kemayoran. Mereka selalu tampak ramai pembeli, baik sore maupun malam hari.

Pengunjung asal Jakarta Barat, Ivan, yang ditemui di Arena PRJ Kemayoran, mengaku dirinya cukup puas ke Jakarta Fair tahun ini. Pasalnya, terdapat banyak kuliner khas Betawi yang jarang ia temui di tempat-tempat lain.

Menurutnya, salah satu ciri khas yang harus terus dilestarikan di Jakarta Fair adalah lapak pedagang kerak telor. Karena itulah, dari tahun-tahun ke tahun saat mengunjungi Jakarta Fair dirinya selalu mencicipi makanan khas Betawi ini.

“Kerak telor itu khas Betawi banget. Simbol yang terus dilestarikan dalam Jakarta Fair. Namun, saya berharap ditahun-tahun mendatang makin banyak kuliner khas Betawi yang berjualan,” katanya menyarankan.

Ivan mengatakan tak rugi dirinya membayar tiket masuk, karena selain dapat menikmati kuliner khas Betawi, ia juga dapat menonton konser musik dan melihat pameran terbesar yang menampilkan aneka produk. “Saya melihat setiap tahunnya barang-barang yang dipamerkan semakin inovatif ya,” imbuhnya.

Ia mengaku salut kepada panitia yang dapat menyandingkan produk-produk dari pabrikan besar dengan kerajinan hasil usaha kecil dan UKM. “Tidak hanya produk-produk pabrikan besar yang dipamerkan, tapi juga produk-produk UKM kas berbagai daerah di tanah air,” ujarnya.

Lain lagi dengan Ade Nur, warga Johar Baru, Jakarta Pusat. Ade, yang datang bersama keluarganya, berpendapat bahwa penyelenggaraan Jakarta Fair tahun ini lebih baik dari sebelumnya. “Produk yang ditawarkan tahun ini lebih beragam, hampir semuanya ada. Jajanan khas Betawi juga lebih dikembangkan. Kerak telor dan toge gorengnya juara,” tuturnya.

Ade Nur juga mengaku puas berkunjung ke Jakarta Fair dan dirinya merasa nyaman. Ia menyoroti masalah kebersihan Arena PRJ Kemayoran yang menurutnya luar biasa bersih.

“Saya juga heran panitia bisa menjaga kebersihan seperti ini. Ini ada ratusan ribu pengunjung, tapi saya enggak lihat sampah sama sekali. Cleaning service-nya banyak kali,” tutupnya.(okz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *