Jumlah DP4 di Jatim lebih sedikit dari DPS

Jumlah DP4 di Jatim lebih sedikit dari DPS

Bintang Pos, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur mencatat, dari 38 kabupaten dan kota, jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2013 mencapai 29.794.548 jiwa. Jumlah ini jauh lebih banyak dari jumlah Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4)-nya, yaitu 29.503.266 orang.

Dengan demikian selisih jumlah DPS dan DP4 mencapai 291.282 jiwa. Menurut Komisioner KPU Jawa Timur, Agus Mahfudz Fauzi, jumlah ini sesuai dengan data hasil pemutakhiran data pada tahap pertama pada 28 Juni lalu.

“Jumlah DPS bisa bertambah atau berkurang sewaktu-waktu. Itu tergantung dari hasil pemutakhiran data pemilih yang door to door kemarin,” katanya, Rabu (3/7).

Sedangkan untuk daftar pemilih tambahan, pencatatan dilakukan pada 2 Juli kemarin hingga 4 Juli besok. “Untuk penetapan DPT (Daftar Pemilih Tetap)-nya, akan ditentukan pada 8 hingga 10 Juli mendatang,” ujarnya.

Agus juga mengimbau, bagi warga Jawa Timur yang belum mendaftar atau ingin mengetahui apakah sudah terdaftar atau belum, bisa mengecek ke balai desa, kelurahan atau tempat pengumuman lainnya. “Daftar nama-nama DPS ini akan kami pasang di papan pengumuman di balai desa atau kelurahan,” terangnya.

Seperti diketahui, pada 29 Agustus mendatang, warga Jawa Timur akan melaksanakan pesta demokrasi, memilih gubernur dan wakil gubernur untuk lima tahun ke depan.
Hingga kini, meski belum ada keputusan siapa saja kandidat Pilgub Jawa Timur, setidaknya sudah tercatat empat bakal calon peserta, yaitu pasangan incumbent Soekarwo-Syaifullah Yusuf(KarSa), Khofifah Indar Parawansah-Herman S Sumawiredja (BerKah), Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah (BDH-Said), dan pasangan via independent Eggi Sudjana-M Sihat (BerEs).(mdk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *