JK Sebut Kopassus Tulang Punggung Indonesia

JK Sebut Kopassus Tulang Punggung Indonesia

Bintang Pos, Surabaya – Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menganggap Komando Pasukan Khusus (Kopassus) sebagai tulang punggung Bangsa Indonesia.

“Kopassus menjadi tulang punggung bangsa, karena dalam sejarah Indonesia semua operasi-operasi besar militer tidak ada yang tanpa Kopassus, operasi apapun itu, kita selalu mendukung Kopassus,” ujar JK usai peringatan HUT Kopassus ke 61, di Balai Komando Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (16/4/2013).

Terkait insiden penyerangan Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta oleh oknum prajurit Kopassus, JK mengaku setuju dengan pernyataan mantan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Hendro Priyono, yang mengatakan bahwa secara hukum penyerangan Lapas memang terjadi kesalahan, namun secara moral harus dipertimbangkan.

“Saya tadi terkesan dengan ucapan Pak Hendro yang mengatakan secara hukum itu ada kesalahan, tapi secara moral itu lain, ada pertimbangannya,” ungkap JK.

Namun, menurut JK, proses hukum untuk anggota Kopassus yang terlibat harus tetap berjalan. “Tentu (harus diproses hukum), walau dengan  pertimbangan moral, itu bukan mencari hukuman, tapi mencari keadilan,” papar JK.  (okz-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *