Jelang Unas, Makam Gus Dur Dipadati Pelajar

Jelang Unas, Makam Gus Dur Dipadati Pelajar

Bintang Pos, Surabaya – Menjelang pelaksanaan Unas (Ujian Nasional), makam KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Ponpes Tebuireng, Jombang dipadati pelajar. Mereka berharap mendapat barokah dari cucu pendiri NU tersebut sehingga bisa lulus Unas yang dilaksanakan pada 15 – 18 April 2013 lusa.

Teuku Azwani (31), pengurus Ponpes Tebuireng, mengatakan, sejak sepekan terakhir ini peziarah di makam Gus Dur didominasi oleh pelajar dan guru. Mereka berdoa dengan harapan diberi ketenangan dalam mengerjakan Unas dan bisa lulus. “Selain dari Jombang, peziarah juga juga berasal dari pelajar luar kota,” kata Azwani.

Sementara itu, Agus Mustofa (45), guru Madrasah Aliyah Salafiah Safi’iyah Tebuireng mengungkapkan, ia datang ke makam Gus Dur mendampingi murid-muridnya sebanyak 90 orang. Selanjutnya, puluhan murid itu duduk rapi di pendopo yang terletak di depan makam. Mereka kemudian membaca Surat Yasin, Tahlil, serta salawat nabi. “Kami berharap murid MA Salafiah diberi ketengan saat Unas. Dan tentunya bisa lulus ujian,” kata Agus ketika ditemui di area makam, Sabtu (13/4/2013).

Aisyah (18), murid kelas XII MA Salafiyah membenarkan perkataan gurunya. Menghadapai Unas kali ini ia melakukan berbagai ihtiar. Mulai dari belajar, ikut bimbingan, hingga berdoa ke Allah. “Pagi ini kita baru saja melakukan istighasah di makam Gus Dur. Semoga kami semua mendapat barokah sehingga bisa lulus Unas,” pungkas gadis berjilbab ini.(bjt-kba)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *