Ika Puspitasari Wali Kota Mojokerto  Menjadi Narasumber di Forum Nasional.

Ika Puspitasari Wali Kota Mojokerto Menjadi Narasumber di Forum Nasional.

Nusantara7.com, Mojokerto – Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto akan menjadi pembicara di forum Indonesia Sustainable Procurement Expo (ISPE) 2022 yang diselenggarakan di Bali International Convention Center.

“Sejak tahun 2019 kita sudah membuat Mojomarket dan di tahun 2020 kita lakukan kerjasama dengan PT Meeber Teknologi Indonesia untuk fasilitasi pemasaran di masa pandemi dan berbagai program seperti inkubasi wirausaha,” ungkapnya, Kamis (2/6/2022).

Di awal tahun 2021, Pemkot Mojokerto melakukan kerjasama bela pengadaan dengan kotamojokerto.bhinneka.com. Dilanjut kerjasama dengan Grab, dan pada akhir tahun 2021 Pemkot Mojokerto juga bisa membangun e marketplace tanpa anggaran yaitu griyaumkmmojokertokota.com untuk pengembangan UMKM di Kota Mojokerto.

“Untuk meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM di Kota Mojokerto, berbagai dinas bekerja sama melalui program “Keroyokan” lintas OPD agar saling bersinergi untuk menyejahterakan masyarakat Kota Mojokerto. Hingga 2022 saat ini, telah dilakukan fasilitasi 73 UMKM masuk ke etalase e katalog LKPP,” katanya.

Ning Ita juga menyebut, untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM, Pemkot Mojokerto juga telah mendorong adanya digitalisasi UMKM dengan bela pengadaan. Salah satu caranya adalah dengan bekerjasama dengan e marketplace.

“Kami juga mendorong 400 UMKM untuk ikut programnya Kominfo melalui aplikasi jubelio. Kita entry 1 kali di jubelio akan muncul di 8 kanal e marketplace yang sudah terkenal seperti Toped, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, Elevenia, Zalora, dan WooCommerce,” jelasnya.

Melalui kerja yang terstruktur dan terukur ini yang kemudian membawa Wali Kota Mojokerto berhasil meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Mojokerto khususnya pelaku UMKM. Seperti yang diketahui, sejak dilantik sebagai Wali Kota Mojokerto terus berkomitmen dan berusaha memunculkan potensi sektor perdaganan barang dan jasa khususnya terhadap UMKM yang ada di Kota Mojokerto.

Forum tersebut digelar selama dua hari mulai tanggal 2-3 Juni 2022. Hal ini tak lepas dari keberhasilan Ning Ita (sapaan akrab, red) dalam menghidupkan dan memajukan kembali industri pengadaan barang dan jasa, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19, tidak hanya berhasil menyabet sejumlah penghargaan ditingkat Nasional.

Sesuai tema pada forum tersebut, ‘Sustainable Procurement for Indonesia’s Best Future’, orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto akan tersebut akan membahas mengenai Bela (belanja langsung) Pengadaan dan Langkah-langkah digitalisasi untuk UMKM.

Forum ini sendiri merupakan forum yang diinisiasi oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan Kreen Indonesia. APEKSI dan Kreen Indonesia berkolaborasi bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah(LKPP) dan Asosiasi Katalog Elektronik Nasional (AKEN).

 

Wali Kota akan menjadi pembicara bersama tiga Kepala Daerah lainnya. Yakni Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara, Wali Kota Makassar M Ramdhan dan Wali Kota Bogor Bima Arya. Turut hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kretif Sandiaga Salahuddin Uno.(bejtm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *