Golkar Bayangi PDIP

Golkar Bayangi PDIP

Jakarta – Jaringan Suara Indonesia (JSI) melansir hasil survei mengenai dukungan masyarakat terhadap partai peserta pemilu. Dari survei yang dilakukan sejak 24 hingga 30 Maret 2014. Partai Golongan Karya (Golkar) membayang-bayangi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).“PDIP menjadi posisi teratas karena mempunyai basis massa yang jelas dan kuat di akar rumput, sama seperti Golkar,” kata Direktur Eksekutif JSI, Widdi Aswindi dalam konfrensi pers di Jakarta, Minggu 6 April 2014.

Menurut Widdi dari hasil survei tersebut PDIP mendapat dukungan 24,7 persen, Golkar 18,0 persen, Gerindra 11,8 persen, Demokrat 9,0 persen, PKB 7,9 persen, PAN 6,9 persen, Hanura 6,1 persen, PPP 5,4 persen, Nasdem 4,4 persen, PKS 4,3 persen, PKPI 0,9 persen dan PBB 0,9 persen.

“Dari survei ini kemungkinan PKPI dan PBB tidak akan lolos PT,” ujarnya.

Sementara pengamat politik, Andrinof Chaniago menjelaskan, dari survei ini terlihat Golkar masih mempunyai kekuatan dan kepercayaan di masyarakat. “Golkar mempunyai basis kuat dan tradisional seperti PDIP,” katanya.

Dengan hasil survei ini Adrinof mengatakan, Golkar menjadi mitra ideal bagi PDIP untuk koalisi. Dimana kekuatan Golkar signifikan dan juga memiliki berbagai pengalaman.

“Yang lebih menarik Golkar belum pernah menjadi oposisi, pengalaman Golkar dalam birokrasi menjadi kelebihan lain,” ujarnya.

Survei ini dilakukan dari 24-30 Maret 2014 dengan sampel 1200 responden di 34 provinsi. Dengan metode multistage random sampling dan margin eror kurang lebih 2,9 persen serta tingkat kepercayaan 95 persen. 20 persen sampel random dilakukan wawancara secara langsung. vns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *