Bupati Bangkalan Ra Latif Luncurkan  Ambulan Gratis Jemput warga Kurang Mampu

Bupati Bangkalan Ra Latif Luncurkan Ambulan Gratis Jemput warga Kurang Mampu

Nusantara7.com, Bangkalan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan kembali meluncurkan program dalam bidang pelayanan kesehatan bagi masyarakat Bangkalan. Kali ini melalui RSUD Syamrabu, Pemkab Bangkalan meluncurkan program Ambulan Peduli Tretan Dhibi’ (Amphibi). 

Peluncuran program Amphibi sendiri ditandai dengan pemecahan kendi oleh Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron, Selasa (9/11/2021) di halaman RSUD Syamrabu Bangkalan. 

Wakil Direktur (Wadir) RSUD Syamrabu Bangkalan, dr. Farhat Suryaningrat mengatakan, program Amphibi merupakan salah satu program yang diluncurkan oleh Bupati Bangkalan. Farhat juga menambahkan bahwa sudah ada sekitar 6 armada ambulan yang siap menjemput masyarakat kurang mampu yang membutuhkan dari 18 Kecamatan.

“Ini melanjutkan program Bupati yaitu Biakes Maskin  yang sebelumnya, jika sebelumnya diantarkan maka untuk Amphibi ini merupakan pelayanan ambulan untuk menjemput masyarakat dari rumah hingga ke rumah sakit untuk mendapat pelayanan kesehatan. Namun program ini dikhususkan untuk masyarakat yang telah terdaftar dan terverifikasi dalam program Pembiayaan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin (Biakes Maskin),” ujar Farhat.

Sementara Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron berharap dengan adanya program Amphibi dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Bangkalan, terutama bagi masyarakat kurang mampu yang membutuhkan. 

“Tujuannya adalah untuk memberikan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu, dan untuk program Amphibi ini harus sudah terdaftar dan telah diverifikasi baik SLRT dan DTKS,” ujar Bupati Ra Latif.

“Jadi masyarakat yang telah memenuhi syarat ketika sakit bisa mengakses program Amphibi ini. Jadi bisa dijemput dan diantar, dan akses ambulan ini gratis. Tadi kami juga menyempatkan menjenguk pasien Biakes Maskin yang dirawat dan nanti jika sudah sembuh dan diperbolehkan pulang bisa diantar menggunakan ambulan,” tambahnya. pemk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *