Bupati Bangkalan Ra Latif Lantik Pimpinan Baznas

Bupati Bangkalan Ra Latif Lantik Pimpinan Baznas

Nusantara7.com, Bangkalan – Bupati R. Abdul Latif Amin Imron melantik pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bangkalan periode 2021–2026 di Pendapa Agung, Senin (29/11). Dalam pelantikan itu, bupati menginisiasi penyaluran zakat oleh ASN dilakukan melalui Baznas.

Pria yang akrab disapa Ra Latif itu menyampaikan, ada lima pimpinan Baznas Bangkalan periode 2021–2026 yang dilantik dan diambil sumpahnya. Mereka adalah Ihsan, Muhaimin, Dimyati Muhammad, Jasuli Nur, dan Imam Hidayat. ”Semoga dengan pelantikan pimpinan dan pengurus yang baru ini, ke depan Baznas dapat terus meningkatkan kinerjanya sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Eksistensi Baznas sebagai lembaga nonstruktural di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) sangat penting. Utamanya dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan oleh umat Islam.

”Keberadaan Baznas bermanfaat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Sekaligus penanggulangan kemiskinan di negara kita, khususnya Kabupaten Bangkalan,” jelasnya.

Zakat merupakan salah satu instrumen kunci dalam menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Contohnya pada saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, Baznas banyak memberikan manfaat bagi masyarakat melalui berbagai penyaluran zakat, infak, dan shadaqah.

”Melalui berbagai bantuan yang disalurkan itu tentunya akan memberikan manfaat serta meringankan beban masyarakat, terutama masyarakat kurang mampu dan terdampak Covid-19,” imbuhnya.

Mantan wakil ketua DPRD Bangkalan itu berjanji akan membuat regulasi perihal pemberian zakat oleh abdi negara di Kota Salak. Nantinya, pemerintah akan mengarahkan semua abdi negara untuk memberikan zakat, infak, dan shadaqah-nya melalui Baznas.

”Kemungkinan baru bisa diberlakukan tahun depan,” tutur bupati berkacamata itu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bangkalan Agus Zein mengatakan, dengan kepemimpinan baru, diharapkan pengelolaan zakat bisa semakin baik. Untuk mendukung upaya itu, bupati akan membantu agar ASN turut menyisihkan pendapatannya melalui Baznas Bangkalan.

”ASN yang memiliki penghasilan tetap diharapkan bisa menyumbangkan pendapatannya melalui Baznas. Agar cakupan dari zakat dan infak yang disalurkan semakin luas untuk warga yang berhak,” tandasnya. ram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *