Bupati Bangkalan Ra Latif akan membangun TPS-3R untuk atasi sampah

Bupati Bangkalan Ra Latif akan membangun TPS-3R untuk atasi sampah

Nusantara7.com, Bangkalan – Setelah mendapat informasi mengenai tumpukan sampah di TPS Lebak, Pangeranan, Bangkalan, Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron turun langsung ke lokasi, Selasa (16/11/2021). Bupati memerintahkan agar segera membersihkan tumpukan sampah yang meluber ke jalan itu. 

Menurut Bupati, bau dari tumpukan sampah tersebut sangat mengganggu masyarakat setempat. Pihaknya langsung memerintahkan dinas terkait untuk segera membersihkan. 

“Ada empat armada yang dikerahkan. Saya sudah memerintahkan agar segera dibersihkan hari ini juga,” katanya. 

Ra Latif  akan membangun TPS3R di tempat tersebut agar pengolahan sampah di sana lebih baik. Menurutnya, pembuang sampah harus ditertibkan. 

Dijelaskanya, TPS-3R adalah sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien. Hasil pengolahan sampah organik berupa kompos digunakan untuk pupuk tanaman hias dan herbal yang ditanam dilahan sekitar TPS untuk dijual. Selain itu untuk meningkatkan kualitas hasil pengomposan akan diterapkan teknologi kompos cacing (kascing). Hasil pengolahan tanki biodigester berupa gas akan digunakan untuk suplai energi di warga sekitar TPS 3R.

“Pak lurah dan dinas terkait harus betul-betul menjaga lingkungan di sini,” pesannya. 

Sementara itu Kepala Bidang Pengelolaan  Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan Yudistiro mengatakan tumpukan sampah ini terjadi karena beberapa hari belakangan ada pembuang sampah liar diluar warga Pangeranan. 

“Laporan warga sini kepada kami, semalam itu ada tiga sampai empat pick up yang membuang sampah disini diluar pangeran,” ujarnya. 

Yudis menyayangkan cara pembuang sampah liar yang meletakkan sembarangan yakni diletakkan di bahu jalan. 

“Kami minta warga Pangeranan atau di lingkungan sekitar untuk disiplin membuang sampah, sehingga tidak memakan badan jalan yang menimbulkan keresahan masyarakat,” tandasnya. pemk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *