Bupati Bangkalan Abdul Latif Raih Dua Penghargaan Sekaligus dari Kementerian PPA

Bupati Bangkalan Abdul Latif Raih Dua Penghargaan Sekaligus dari Kementerian PPA

Nusantara7.com, Bangkalan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan menerima dua penghargaan sekaligus dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA). Dua penghargaan itu antara lain Anugerah Parahita Ekaparaya (APE) 2020 kategori Pratama sebagai komitmen pemerintah daerah mewujudkan kesetaraan gender atau Pengarusutamaan Gender (PUG) dan penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Pratama tahun 2021. 

Penghargaan tersebut diterima Dinas KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Bangkalan dan diserahkan langsung kepada Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron di Pendopo Agung, Kamis (27/1/2022).

Abdul Latif  menyambut gembira atas penghargaan yang diperoleh Pemkab Bangkalan tersebut. Keberhasilan yang diraih tentunya tidak terlepas kerjasama semua pihak yang terlibat. 

“Untuk itu atas nama pemerintah dan masyarakat saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya,” ucapnya. 

Ra Latif menegaskan, dengan raihan penghargaan tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Pemkab Bangkalan untuk melaksanakan pembangunan yang peduli terhadap Perempuan serta pencapaian kesetaraan dan keadilan gender serta perlindungan terhadap anak. 

“Dengan penghargaan itu, perlu adanya kebijakan-kebijakan baru. Diperlukan dukungan anggaran di Dinas KBP3A, supaya program tersebut bisa berjalan intens,” imbuhnya.

Ra Latif mengharapkan, penghargaan yang diraih Pemkab Bangkalan ini dapat terus dipertahankan, dan jika perlu ditingkatkan lagi pada kesempatan-kesempatan mendatang.  

“Semoga kerjasama yang dilakukan bisa lebih ditingkatkan lagi sehingga raihan prestasi yang didapatkan di kesempatan-kesempatan berikut bisa lebih meningkat lagi,” harapnya. 

Sementara Kepala Dinas KBP3A Kabupaten Bangkalan Amina Rachmawati mengungkapkan, Penghargaan yang diperoleh merupakan hasil penilaian/verifikasi lapangan yang dilakukan oleh Tim Independent dari Kementerian PPA terhadap dua program yang dilaksanakan, yakni Program pengarusutamaan Gender. Kegiatan ini adalah salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Bangkalan dalam rangka pemberian kesempatan kepada kaum perempuan untuk terlibat secara langsung dalam sistem pemerintahan dan segala aspek kehidupan dengan tujuan membangun SDM Perempuan yang berkualitas. 

“Termasuk dalam hal pekerjaan yang biasanya didominasi kaum laki-laki dapat juga dilaksanakan oleh perempuan dalam berbagai sektor,” ungkapnya. 

Disisi lain, lanjut Amina, raihan penghargaan KLA tersebut didasarkan atas penilaian kebijakan yang dikeluarkan Pemkab Bangkalan dalam program dan kegiatan untuk pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak. Pemkab memberikan perhatian penuh terhadap perlindungan keamanan dan kenyamanan terutama terhadap perempuan dan anak melakukan aktivitasnya dalam kehidupan. 

“Misalnya semua fasilitas Umum seperti taman, RS atau perkantoran menyediakan tempat yang aman dari asap rokok, ada ruang laktasi, ada ruang bermain dan lain-lain. Ada juga perpustakaan umum untuk meningkatkan SDM dari berbagai tingkatan umum dan ada alat untuk penyeberangan anak sekolah serta fasilitas lainnya,” jelasnya. 

Amina juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh OPD dan pemangku kepentingan lainnya yang tergabung dalam tim KLA dan PUG, sehingga penghargaan ini bisa diraih. 

“Terimakasih atas dukungan penuh dari Bupati dan Wabup Bangkalan, Ketua TP PKK yang turut berjuang sampai ke pelosok Desa dan juga ketua TIM PUG dan TIM KLA, Bappeda, BPKAD dan Dinas KBP3A, serta OPD lain. Selain itu kami ucapkan terimakasih kepada para Camat dan Pemdes yang juga mempunyai peranan sangat penting atas penghargaan ini,” tandasnya. pemk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *