Bentrok Pasukan dengan Warga Irak, Tewaskan 26 Jiwa

Bentrok Pasukan dengan Warga Irak, Tewaskan 26 Jiwa

Bintang Pos, Surabaya: Baghdad – Sekira 26 orang dilaporkan tewas ketika pasukan Irak dan pengunjuk rasa dari warga Muslim Sunni terlibat bentrok. Bentrokan ini diwarnai dengan aksi baku tembak antara kedua belah pihak.
Kejadian berawal ketika pasukan keamanan menyerbu sebuah perkemahan warga Sunni di Kota Hawija. Baku tembak ini menyebabkan enam prajurit Irak tewas dan 20 warga sipil pun harus meregang nyawa dalam kejadian tersebut.

Pihak Kementerian Pertahanan Irak membela diri bahwa pasukan mereka melepaskan tembakan setelah adanya tembakan dari warga yang berada di dalam perkemahan. Demikian diberitakan Reuters, Selasa (23/4/2013).

Namun tuduhan dari pihak kementerian itu dibantah oleh pihak pengorganisir protes. Mereka mengaku tidak bersenjata ketikan pasukan Irak melepaskan tembakan.

Ribuan warga Muslim Sunni di Irak terus melakukan aksi protes tiap pekannya sejak Desember lalu. Protes di beberapa wilayah provinsi Irak itu ditujukan untuk menentang diskriminasi yang dilakukan kepada warga Muslim Sunni oleh Pemerintahan Perdana Menteri Nuri al-Maliki. (okz-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *