80 Persen Kecelakaan Mudik Terjadi pada Roda Dua

80 Persen Kecelakaan Mudik Terjadi pada Roda Dua

Jakarta  – Dalam mudik tahun ini, masyarakat masih mempercayakan kendaraan roda dua sebagai alat transportasi mereka menuju kampung halaman. Ketua Harian Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu, Sudirman Lambali mengatakan, banyaknya pengguna kendaraan roda dua menyebabkan kecelakaan yang melibatkan kendaraan ini sangat tinggi hingga 80 persen.

“Sepeda motor di jalan raya memang mendominasi sehingga kemungkinan terjadinya kecelakaan motor sangat besar,” ujar Sudirman di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (31/7/2014).

Sudirman mengatakan, jumlah kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda dua saat mudik tahun ini sebesar 2.703 kasus. Namun, Sudirman melihat jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua berkurang hingga 8,95 persen daripada saat mudik tahun lalu.

Berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Perhubungan di Ciasem, Sadang, Ciamis, Merak, Cisarua, Cicurug, dan Cileunyi, jumlah kendaraan roda dua untuk mudik sebanyak 696.349 unit. Sedangkan tahun lalu sebanyak 758.645 unit.

Sudirman mengatakan, jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua menurun karena adanya program mudik gratis yang diadakan oleh pemerintah dan juga pihak swasta. Program ini, imbuh Sudirman, telah dilakukan pemerintah selama lima tahun dengan memfasilitasi pemudik untuk pulang kampung dengan menggunakan angkutan umum seperti kapal laut, kereta api, dan bus agar lebih aman.

“Ada yang diangkut dengan bus, truk, kereta, dan kapal laut. Ini pengaruhnya cukup signifikan,” ujarnya.

Sudirman menambahkan, demi menurunkan tingkat kecelakaan di jalan raya terutama saat mudik, diperlukan kesadaran masyarakat untuk memperhatikan keselamatan diri dan bersama. Ia mengimbau masyarakat agar patuh pada peraturan lalu lintas agar tidak membahayakan pengguna jalan lainnya.

“Kalau adanya kesadaran bahwa keselamatan adalah tanggungjawab bersama, saya rasa angka ini bisa ditekan,” kata Sudirman.kms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *