Wapres: Benahi Institusi Politik

Wapres: Benahi Institusi Politik

Bintang Pos, Jakarta – Wakil Presiden Boediono mengatakan diantara institusi yang harus dibangun, dibenahi dan ditata serta diprioritaskan adalah politik karena menentukan terbentuknya aturan main dasar dalam memberikan rambu di bidang ekonomi dan teknologi.


“Pesan pokoknya adalah prioritas pertama adalah membenahi dan menata institusi-institusi politik,” kata Wapres Boediono saat membuka seminar Seminar Nasional HUT (Lembaga Ketahanan Nasional) Lemhanas ke-48 dan HUT Ikatan Alumni Lemhanas ke-35 di Jakarta, Rabu.

Hadir dalam acara itu antara lain Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, Gubernur Lemhanas Budi Susilo Soepandji, serta Ketua Umum Ikatan Alumni Lemhannas Agum Gumelar.

Dikatakan Boediono, di tahun politik dan tahun Pemilu ini, perbaikan kualitas perpolitikan memang seharusnya menjadi pekerjaan bersama yang harus diutamakan.

“Perbaikan kualitas proses politik dan institusi-institusi politik akan menjadi landasan bagi perbaikan kualitas proses dan institusi-institusi yang lain,” kata Boediono.

Diingatkan Wapres, perjuangan kemerdekaan nasional adalah perjuangan politik dan keberhasilan perjuangan politik untuk mencapai kemerdekaan bangsa disebabkan oleh satu hal, yaitu karena perjuangan kemerdekaan dipimpin oleh putra-putri terbaik bangsa.

Upaya untuk membangun, membenahi dan menata institusi-institusi politik sekarang ini pun, kalau ingin berhasil, kata Wapres Boediono, membutuhkan bakti dari putra-putri terbaik bangsa.
“Kita semua tentu prihatin apabila karena, berbagai sebab, putra-putri terbaik bangsa justru menjauhi politik,” kata Wapres. (ant-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *